Sukses

PAN Harap Konflik Internal PPP Tidak Ganggu Konsolidasi KIB

Partai Amanat Nasional (PAN) berharap PPP bisa segera menyelesaikan dinamika internalnya. Diketahui, partai kolega PAN di KIB tersebut tengah diguncang konflik pemberhentian ketua umum.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Partai Amanat Nasional (PAN) berharap PPP bisa segera menyelesaikan dinamika internalnya. Diketahui, partai kolega PAN di KIB tersebut tengah diguncang konflik pemberhentian ketua umum.

"PAN berharap agar dinamika internal PPP segera selesai," ujar Waketum PAN Viva Yoga Mauladi dalam keterangannya, Selasa (6/9/2022).

Konflik PPP diharapkan tidak berpengaruh terhadap eksistensi dan kekompakan di internal koalisi. Viva menegaskan, KIB akan terus melakukan konsolidasi bersama untuk menghadapi Pemilu 2024.

"Dan kondisi ini semoga tidak berpengaruh signifikan terhadap eksistensi dan kekompakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). KIB akan terus berkonsolidasi menyongsong persiapan pemilu presiden 2024," ujarnya.

PAN pun menegaskan tidak akan ikut campur urusan internal PPP. Pihaknya menjaga fatsun politik.

"PAN tidak akan ikut campur atas dinamika dan masalah rumah tangga di PPP, termasuk di partai politik lain. Sikap PAN untuk menjaga fatsun politik," kata Viva.

Sementara itu, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek menuturkan, sikap PPP terhadap Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tidak bakal berubah. PPP telah berkomunikasi dengan Golkar dan PAN bahwa tidak akan mengubah sikap soal koalisi Pemilu 2024 meski ada konflik pemberhentian ketua umum.

"Beberapa petinggi partai baik Golkar maupun PAN sudah komunikasi dengan partai kami. Jadi bahwa ini tidak ubah konstelasi perkoalisian," ujar Awiek di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KIB Tetap Akan Solid

Lebih lanjut, Awiek mengatakan KIB tetap akan solid. Pemberhentian ketua umum di internal PPP tidak akan mengganggu konsolidasi yang telah dilakukan bersama KIB.

"Tetep KIB tetep solid, entah ketumnya tetep atau pergantian ketum ya PPP tetep bersama KIB," kata wakil ketua Baleg DPR RI ini.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.