PAN Harap Konflik Internal PPP Tidak Ganggu Konsolidasi KIB

Oleh Liputan6.com pada 06 Sep 2022, 21:30 WIB
Diperbarui 06 Sep 2022, 21:30 WIB
20160520-Jelang Rakernas, PAN Bahas Isu Politik Terkini
Perbesar
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kedua kiri) didampingi Ketua DPP PAN Yandri Susanto (kiri), Wakil Ketua Umum PAN Didik J rachbini (kedua kanan), dan Ketua DPP PAN Viva Yoga Maulana di Kantor DPP PAN, Jakarta, Jumat (20/5). (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Partai Amanat Nasional (PAN) berharap PPP bisa segera menyelesaikan dinamika internalnya. Diketahui, partai kolega PAN di KIB tersebut tengah diguncang konflik pemberhentian ketua umum.

"PAN berharap agar dinamika internal PPP segera selesai," ujar Waketum PAN Viva Yoga Mauladi dalam keterangannya, Selasa (6/9/2022).

Konflik PPP diharapkan tidak berpengaruh terhadap eksistensi dan kekompakan di internal koalisi. Viva menegaskan, KIB akan terus melakukan konsolidasi bersama untuk menghadapi Pemilu 2024.

"Dan kondisi ini semoga tidak berpengaruh signifikan terhadap eksistensi dan kekompakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). KIB akan terus berkonsolidasi menyongsong persiapan pemilu presiden 2024," ujarnya.

PAN pun menegaskan tidak akan ikut campur urusan internal PPP. Pihaknya menjaga fatsun politik.

"PAN tidak akan ikut campur atas dinamika dan masalah rumah tangga di PPP, termasuk di partai politik lain. Sikap PAN untuk menjaga fatsun politik," kata Viva.

Sementara itu, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek menuturkan, sikap PPP terhadap Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tidak bakal berubah. PPP telah berkomunikasi dengan Golkar dan PAN bahwa tidak akan mengubah sikap soal koalisi Pemilu 2024 meski ada konflik pemberhentian ketua umum.

"Beberapa petinggi partai baik Golkar maupun PAN sudah komunikasi dengan partai kami. Jadi bahwa ini tidak ubah konstelasi perkoalisian," ujar Awiek di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


KIB Tetap Akan Solid

Tiga Petinggi Koalisi Indonesia Bersatu Jalan Bersama ke KPU
Perbesar
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyapa awak media saat tiba di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2022). Kedatangan ketiga petinggi KIB tersebut terlihat mesra saat jalan bersama menuju Gedung KPU. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Lebih lanjut, Awiek mengatakan KIB tetap akan solid. Pemberhentian ketua umum di internal PPP tidak akan mengganggu konsolidasi yang telah dilakukan bersama KIB.

"Tetep KIB tetep solid, entah ketumnya tetep atau pergantian ketum ya PPP tetep bersama KIB," kata wakil ketua Baleg DPR RI ini.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Infografis Manuver Koalisi Indonesia Bersatu, Konsolidasi Jelang Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Manuver Koalisi Indonesia Bersatu, Konsolidasi Jelang Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya