Sukses

Jokowi Beri Lukisan Pasar Tradisional untuk Presiden Filipina

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr. dan Ibu Louise Araneta Marcos mengunjungi Gedung Sarinah Jakarta, Senin (5/9/2022) malam.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr. dan Ibu Louise Araneta Marcos mengunjungi Gedung Sarinah Jakarta, Senin (5/9/2022) malam.

Dia juga sempat memberikan sebuah lukisan kepada Presiden Marcos Jr.

Kunjungan kedua pemimpin negara tersebut ke Sarinah berawal dari keinginan Presiden Filipina untuk dapat melihat produk-produk asli Indonesia. Jokowi pun menunjukkan produk-produk asli Indonesia kepada Presiden Marcos Jr.

"Tadi pagi kan kita sudah pertemuan empat mata, pertemuan bilateral, semuanya sudah selesai. Beliau menyampaikan kepada saya untuk bisa diajak ke pasar atau untuk melihat produk-produk asli Indonesia ya saya bawa ke Sarinah, saya kira Sarinah tempatnya," kata Jokowi dikutip dari siaran pers, Senin (5/9/2022).

Adapun Jokowi tiba di Gedung Sarinah sekira pukul 18.20 WIB. Di sana, dia dan Presiden Ferdinand Marcos Jr tampak melihat-lihat beberapa produk retail buatan Indonesia seperti sepatu dan tas.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyerahkan lukisan traditional market (pasar tradisional) kepada Presiden Ferdinand Romualdez Marcos Jr.

Lukisan tersebut menggambarkan kegiatan transaksi jual beli masyarakat yang memiliki makna interaksi sosial antarmanusia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertunjukan Seni

Selain melihat beberapa produk retail, kedua pemimpin negara juga disuguhkan beberapa pertunjukan kesenian yakni tarian Cendrawasih yang berasal dari Provinsi Bali serta pertunjukan musik dari musisi Difki Khalif dan Segara.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyambut kunjungan kenegaraan Presiden Ferdinand Marcos Jr di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin (5/9/2022) pagi. Indonesia sendiri merupakan negara pertama yang dikunjungi Marcos Jr pasca dilantik menjadi presiden Filipina pada Juni 2022.

"Saya pilih Indonesia, Jakarta untuk menjadi tempat kunjungan pertama kepemimpinan saya sebagai presiden karena banyak alasan," kata Presiden Marcos Jr saat bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin (5/9/2022).

"Salah satunya adalah, kita dekat tidak hanya secara geografis, tetapi juga dekat dari segi budaya, kita juga dekat secara etnis," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Pertama ke Jakarta

Presiden Ferdinad Marcos Jr mengaku ini kali pertamanya berkunjung ke Jakarta.

Namun, dia merasa seperti berada di rumah karena sambutan yang hangat dari Presiden Jokowi.

"Ini adalah momen pertama saya ke Jakarta, kami melihat sekitar serasa seperti di rumah karena anda menerima kami secara hangat," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.