Sukses

LPSK Belum Ungkap 1 Lagi Kejanggalan di Dugaan Kesusilaan di Kasus Brigadir J, Kenapa?

LPSK membeberkan temuan kejanggalan adanya perbuatan kesusilaan di kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J. Namun, ada 1 yang belum diungkap.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) membeberkan temuan kejanggalan adanya perbuatan kesusilaan di kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J. Mereka menyebut, ada tujuh kejanggalan terkait dugaan itu.

Hal tersebut berdasar hasil dari asesmen Putri Candrawathi (PC) yang merupakan istri Ferdy Sambo, dan para saksi lainnya.

"Ada tujuh kejanggalan atas dugaan peristiwa asusila atau pelecehan seksual di Magelang. Tapi saya hanya bisa sebutkan enam," tutut Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu, Jakarta, Senin (5/9/2022).

Lalu, apa 1 keganjilan lainnya?

"Kalau keganjilannya, kejanggalannya, karena ada tujuh, tapi yang ketujuh saya enggak mau sebutkan dulu karena belum dibuka oleh penyidik. Nanti kalau sudah dibuka oleh penyidik saya tambahkan," ujar Edwin.

Sementara, keenam kejanggalan itu ertama, kecil kemungkinan peristiwa kesusilaan terjadi antara Brigadir J dan Putri Candrawathi lantaran masih ada Kuat Ma'ruf dan Susi di sekitar mereka.

"Kan waktu peristiwa itu, yang diduga ada perbuatan asusila itu itu kan masih ada Kuat Ma'ruf dan Susi, yang tentu dari sisi itu kecil kemungkinan terjadi peristiwa, kalau pun terjadi peristiwa kan si Ibu PC masih bisa teriak," jelas dia.

Kedua, tidak terpenuhinya konteks relasi kuasa Brigadir J terhadap Putri Candrawathi yang dapat menyebabkan tindak kesusilaan itu terjadi.

"Dalam konteks relasi kuasa, relasi kuasa tidak terpenuhi karena J adalah anak buah dari FS. PC adalah istri jenderal. Ini dua hal yang biasanya terpenuhi dalam kasus kekerasan seksual, pertama relasi kuasa, kedua pelaku memastikan tidak ada saksi," ujar Edwin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aneh, Brigadir J dan Putri Ada di 1 Rumah

Ketiga, ada momen Putri Candrawathi masih bertanya kepada tersangka Bripka Ricky Rizal RR tentang keberadaan Brigadir J.

"Ketika itu di mana Joshua, jadi agak aneh orang yang melakukan kekerasan seksual tapi korban masih tanya di mana Joshua," kata Edwin.

Selanjutnya keempat, Brigadir J juga sempat diminta menemui Putri Candrawathi di kamar kediaman Ferdy Sambo daerah Magelang, Jawa Tengah.

"Joshua dihadapkan ke Ibu PC hari itu di tanggal 7 di Magelang, itu di kamar, dan itu kan juga aneh seorang korban mau bertemu dengan pelaku kekerasan seksualnya apalagi misalnya pemerkosaan atau pencabulan," tuturnya.

Adapun kelima, Brigadir J masih berada dalam satu rumah yang sama dengan Putri Candrawathi selama berada di Magelang, bahkan hingga Jakarta.

 

3 dari 3 halaman

Apa yang Sebabkan Ferdy Sambo Emosi?

"Joshua sejak tanggal 7 sampai tanggal 8 sejak dari Magelang sampai Jakarta masih satu rumah dengan PC. Ya kan? Korban yang punya lebih kuasa masih bisa tinggal satu rumah dengan terduga pelaku. Ini juga ganjil, janggal," jelas Edwin.

Terakhir yang keenam, sambung dia, Brigadir J pun masih menyertai Putri Candrawathi ke rumah Ferdy Sambo di Saguling III, Duren Tiga, Jakarta Selatan, usai dari Magelang.

"J masih dibawa oleh Ibu PC ke rumah Saguling. Kan dari Magelang ke rumah Saguling. Iya (PCR)," ujar Edwin.

"Itu kan sudah nampak di rekontruksi iya kan gitu loh. Kalau pertanyaan mau diperdalam lebih jauh apa yang menyebabkan FS menjadi marah atau emosi. Gitu," Edwin menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.