Sukses

Bima Arya Minta BPBD Gerak Cepat Bantu Masyarakat Terdampak Bencana di Bogor

Puluhan titik di Kota Bogor, Jawa Barat, diterjang bencana longsor, pohon tumbang, dan angin kencang pada Minggu (4/9/2022) sore. Banyak rumah yang terdampak dan kendaraan rusak serta seorang luka.

Liputan6.com, Bogor - Puluhan titik di Kota Bogor, Jawa Barat, diterjang bencana longsor, pohon tumbang, dan angin kencang pada Minggu (4/9/2022) sore. Banyak rumah yang terdampak dan kendaraan rusak serta seorang luka.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor menyebutkan hingga Senin (5/9/2022) dini hari ada sebanyak 30 kejadian, yang didominasi pohon tumbang dan angin kencang.

"Pohon tumbang tercatat ada 15 titik, dan angin kencang 12 titik. Sedangkan bangunan ambruk 2 titik, dan longsor 1 titik," ucap Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Teofilo Patricino Freitas, Senin (5/9/2022).

Pria yang akrab disapa Teo menyebutkan angin kencang menyebabkan tower milik Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Bogor roboh.

"Tower Kominfo roboh menimpa sebagian gedung Setda dan atap masjid," kata Teo.

Tak hanya itu, angin kencang juga menimbulkan dampak kerusakan sejumlah rumah warga. Seperti di kawasan Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah. Kerusakan umumnya terjadi di bagian atap akibat terhempas angin kencang.

Belasan pohon juga tumbang di antaranya menimpa rumah, kafe, dan dua unit sepeda motor.

"Untuk penanganan pohon tumbang di kawasan Cidangiang dilanjut hari ini mengingat batang pohon cukup besar dan menimpa pagar serta kafe. Kalau di pohon tumbang di kawasan Istana Bogor tepat di area Balai Kirti sudah kita tangani," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Percepat Penanganan

Wali Kota Bogor Bima Arya langsung memantau titik bencana pohon tumbang di kawasan Cidangiang dan Balai Kirti.

Pada momen tersebut Bima meminta petugas mempercepat penanganan pohon tumbang, membantu warga yang terdampak bencana hidrometrologi ini.

“Saya perintahkan agar BPBD bersama dengan camat dan lurah untuk segera membersihkan tempat, membantu warga juga melakukan tindakan darurat, memastikan kalau ada yang terluka untuk segera ditangani,” kata Bima saat meninjau lokasi pohon tumbang di Cidangiang, Minggu (4/9/2022).

Ia juga meminta camat, lurah berkoordinasi dengan BPBD dan Disperumkim untuk mengurus proses klaim apabila ada korban akibat pohon tumbang.

“Ada dua motor tertimpa, kemudian rumah juga bisa klaim kalau pohon itu asalnya dari aset pemkot bukan pribadi maka bisa diurus dan dibantu,” jelasnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Belum Ada Laporan Korban Jiwa

Sejauh ini, ia belum menerima adanya laporan korban jiwa maupun luka berat akibat bencana alam yang melanda Kota Bogor ini.

“Tadi yang di sini hanya luka ringan saja, langsung ditangani,” tutur Bima.

Bima Arya menghimbau warga untuk tetap siaga karena cuaca saat ini tidak menentu, apalagi ketika hujan deras harus betul-betul waspada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.