Sukses

Wakil Walkot Jaktim: Gelaran JakCoffeeEast Diharapkan Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Hendra Hidayat, berharap Festival Barista (JakCoffeeEast) menjadi daya tarik untuk pariwisata, sehingga bisa meningkatkan ekonomi kreatif dan ketenagakerjaan di masyarakat, khususnya di wilayah Jakarta Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Hendra Hidayat, berharap Festival Barista (JakCoffeeEast) Jakarta Timur menjadi daya tarik untuk pariwisata, sehingga bisa meningkatkan ekonomi kreatif dan ketenagakerjaan di masyarakat, khususnya di wilayah Jakarta Timur.

Hal itu ia sampaikan usai membuka Festival Barista (JakCoffeeEast) Jakarta Timur di Area Parkir Mall Cibubur Junction, Sabtu (3/9/2022).

"Kegiatan ini dapat mendongkrak perekonomian warga Jakarta. Selain melombakan kepiawaian barista meracik kopi dari puluhan stand yang disediakan diharapkan mampu mendongkrak ekonomi pariwisata Jakarta Timur," katanya.

Jakarta Timur merupakan kawasan daerah perkebunan kopi pertama di Indonesia. Kebun kopi ini dibawa oleh para penjajah Belanda untuk memajukan perekonomian di Batavia.

“Belajar dari sejarah, kopi menjadi potensi besar untuk ajang promosi di Kawasan Jakarta timur yang memiliki perkebunan kopi dan diharapkan ini menjadi daya tarik untuk pariwisata, sehingga bisa meningkatkan ekonomi kreatif dan ketenagakerjaan di masyarakat khusunya di wilayah Jakarta Timur,” ujar Kasudin Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Timur, Ahmad Gozali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

58 Peserta

Pada kegiatan ini digelar perlombaan Manual Brewing dan Latte Art. Kegiatan ini diikuti oleh 58 peserta, 34 orang peserta untuk lomba Manual Brewing dan 24 orang peserta untuk lomba Latte Art. Para perserta ini berasal dari Barista-Barista Jakarta Timur dan Komunitas Kopi Jakata Timur.

Banyaknya varian kopi menjadi daya tarik untuk penikmat kopi yang juga menarik adalah teknik-teknik dalam menyajikan kopi, salah satu Teknik yang mudah dipraktekan adalah manual Bbewing merupakan salah satu cara menyajikan kopi yang diseduh dengan cara manual, tanpa menggunakan mesin espresso dan sebagiannya memerlukan kertas serta penyaring khusus. Ada juga teknik latte art, ini agar kopi terlihat lebih menarik dah menguggah selera.

“Animo masyakat cukup tinggi dan antusias dengan adanya Festival Barista (JakCoffeeEast), setelah pandemi kita berlahan bangkit semoga kegiatan ini menjadi semangat baru untuk masyakarat sekitar,“ pungkas Hendra Hidayat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.