Sukses

Ada Teknologi 5G Maning, Jokowi Yakin PT Freeport Makin Diperhitungkan Dunia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meyakini kehadiran teknologi 5G maning akan membuat PT Freeport Indonesia semakin diperhitungkan di tingkat global.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meyakini kehadiran teknologi 5G maning akan membuat PT Freeport Indonesia semakin diperhitungkan di tingkat global. Selain itu, kata dia, teknologi ini akan membuat industri pertambangan Indonesia semakin maju.

Hal ini disampaikan Jokowi saat meluncurkan teknologi terbaru di sektor pertambangan yakni, 5G mining di Kabupaten Mimika Papua, Kamis (1/9/2022). Teknologi pertama di Asia Tenggara ini hasil kerja sama Telkom Gruop dan PT Freeport Indonesia (PTFI).

"Saya yakin teknologi ini akan membuat PT Freeport Indonesia semakin diperhitungkan di tingkat global dan menghasilkan semakin banyak SDM-SDM di bidang pertambangan yang berkualitas di dunia, dan berkontribusi besar bagi kemajuan industri pertambangan Indonesia," jelas Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis.

Dia menekankan pentingnya intervensi teknologi untuk memajukan sektor pertambangan di Indonesia. Terlebih, pertambangan yang berada di daerah terpencil dan sulit terjangkau.

"Kita membutuhkan intervensi teknologi untuk memajukan sektor pertambangan yang umumnya, seperti PT Freeport ini berada di daerah-daerah yang terpencil dan sulit terjangkau, dengan tantangan geografis, dan konektivitas yang tidak mudah," ujar Jokowi.

Dia menyampaikan keberadaan teknologi 5G mining ini membuktikan Indonesia selangkah lebih maju dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya.

Ia menjelaskan penerapan teknologi 5G mining mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh. Tak hanya itu, teknologi ini juga meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas PT Freeport Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bangga

"Melalui teknologi 5G underground smart mining ini betul-betul aktivitas pertambangan di bawah tanah bisa dimonitor menggunakan kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan dan mencegah serta meminimalkan risiko kecelakaan kerja," kata Jokowi.

Dia mengaku senang dengan adanya teknologi 5G mining karena tambang bawah tanah yang medannya sangat sulit, dapat dikendalikan dari jarak jauh. Jokowi juga bangga banyak warga negara Indonesia (WNI) yang mengendalikan tambang bawah tanah ini.

"Tadi saya sudah melihat secara langsung yang saya senang 99 persen dari total karyawan yang tadi mengendalikan, mengoperasionalkan itu asli Indonesia, khususnya dari tanah Papua," pungkas Jokowi.

Sebelumnya, setelah menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda empat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Joko Widodo bersama rombongan tiba di Grasberg, Papua pada Kamis, 1 September 2022, pukul 08.15 WIT.

 

3 dari 4 halaman

Ke Museum Bunaken

Di Grasberg, Jokowi didampingi Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas mengunjungi Museum Bunaken untuk mendapatkan penjelasan tentang sejarah pertambangan PTFI.

Tony menjelaskan, bahwa Grasberg adalah tambang kedua setelah yang pertama di Ertsberg. RI 1 lantas menanyakan, apakah di kedua tempat tersebut masih ada kegiatan penambangan atau tidak.

"Sekarang di kedua tambang itu sudah tidak ada lagi penambangan?" tanya Jokowi, Kamis (1/9/2022).

Dipastikan Tony, aktivitas pengerukan sudah dihentikan di kedua tambang tersebut.

"Sudah tidak ada penambangan 100 persen di Etsberg dan Grasberg. Sekarang sedang reklamasi dan kita me-maintain kestabilan lerengnya," ungkap Tony.

Setelah berada di Grasberg selama 2 jam, Jokowi dan Iriana Jokowi bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju pertambangan bawah tanah. Turut hadir mendampingi Presiden, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

4 dari 4 halaman

Presiden ke-2 yang ke Freeport

Ada cerita dari kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Mimika, Papua, Rabu (31/8/2022). Menurut catatan, Jokowi adalah presiden Indonesia kedua yang tiba secara langsung di sana, setelah Presiden Soeharto pada tahun 1973.

Kedatangan Jokowi hari ini dalam rangka silaturahmi dengan para karyawan yang bekerja di sana. Kedatangan Jokowi disambut baik oleh Chairman Freeport McMoRan, Richard Adkerson. Dia mengaku senang karena Jokowi akhirnya bisa hadir langsung di Papua.

"Kami sangat senang dengan kunjungan (Presiden), terima kasih sudah mau datang ke sini," kata Richard di seperti dikutip dari siaran daring Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (31/8/2022).

Jokowi menjawab sambutan itu dengan memuji balik kinerja PT Freeport Indonesia. Menurut Jokowi, perusahaan yang sahamnya sudah didivestasikan melalui BUMN dengan porsi 51 persen itu sudah memberikan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Kabupaten Mimika sebesar 68 persen.

"Jadi Bapak-Ibu sekalian memiliki kontribusi yang besar kepada Kabupaten Mimika 68 persen dan kontribusi terhadap PDRB di Papua itu sebesar 34 persen, juga gede sekali," bangga Jokowi.

Jokowi meminta kinerja itu terus dipertahankan. Sebab, bila hal itu menurun maka akan berdampak terhadap PDRB di Mimika.

"Begitu di sini turun, Mimika turun, Papua jugga turun, hati-hati," wanti Jokowi menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.