Masuk Radar Capres 2024 PAN, Ridwan Kamil: Ya Alhamdulillah

Oleh Winda Nelfira pada 31 Agu 2022, 17:42 WIB
Diperbarui 31 Agu 2022, 17:44 WIB
Ridwan Kamil
Perbesar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menanggapi namanya masuk sebagai bakal calon presiden (capres) PAN. Nama Ridwan Kamil bersama delapan tokoh lainnya diusulkan oleh kader dalam forum rapat kerja nasional (rakernas) PAN pada Sabtu, 27 Agustus 2022.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu merasa bersyukur lantaran namanya berkali-kali masuk radar capres 2024, baik dari berbagai partai politik (parpol) maupun lembaga survei. Namun, dia mengaku masih ingin fokus bekerja menyelesaikan tugas sebagai Gubernur Jabar yang akan berakhir pada 2023.

"Ya dari dulu juga disurvei, dimasukin bursa ya alhamdulillah. Apa respons saya, ya saya kerja saja, kalau kerja bagus biasanya masyarakat mengapresiasi," kata Ridwan Kamil di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (31/8/2022).

Emil meyakini masyarakat akan memberi apresiasi baik jika dia memiliki kinerja yang memuaskan. Dia menilai reaksi publik lebih mampu menaikkan elektoralnya.

"Apa apresiasinya, ya ada yang bikin lagu, ada yang bikin puisi, ada yang bikin elektoral naik, jadi kuncinya apa, harus kerja saja, serius insyaallah hal-hal begitu menyertai, mengiringi jadi saya mengucapkan terima kasih," kata dia.

Nama Ridwan Kamil hingga Ketua DPP Demokrasi Perjuangan (PDIP) Puan Maharani muncul dalam rekomendasi bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) rakernas PAN.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Saat Ridwan Kamil Sebut Anies Baswedan Teman Baik di Depan Delegasi U20

Gubernur Ridwan Kamil mencatat sepanjang tahun lalu, sekitar 38.290 rumah berhasil disebar Kang Emil di 1.232 desa dan kelurahan di 27 kabupaten/kota Jawa Barat.
Perbesar
Gubernur Ridwan Kamil mencatat sepanjang tahun lalu, sekitar 38.290 rumah berhasil disebar Kang Emil di 1.232 desa dan kelurahan di 27 kabupaten/kota Jawa Barat. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi salah satu pembicara dalam opening ceremony forum Urban 20 (U20) Mayors Summit 2022. Di depan delegasi perwakilan kota negara lain, Ridwan Kamil mengaku dirinya berteman baik dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Karena itu, Ridwan Kamil melanjutkan, dirinya dan Anies Baswedan ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk memimpin forum U20 ini. Dalam forum ini, Anies dan Ridwan menjadi co-chair U20 Mayors Summit 2022.

"Kami dan Pak Anies adalah teman baik, Presiden Jokowi tahu hubungan ini, jadi dia tidak hanya menugaskan untuk co-host untuk satu acara tetapi untuk dua acara, Urban 20 bersama-sama Jawa Barat dan Jakarta," kata Ridwan Kamil di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Selasa (30/8/2022).

Ridwan Kamil mengaku dirinya bangga atas penunjukan Jawa Barat dan Jakarta sebagai tuan rumah bersama Forum U20 Mayors Summit 2022.

"Kebanggaan untuk saya bersama pak Anies, sahabat, Gubernur DKI Jakarta untuk berada di sini Urban 20 Mayors Summit 2022," tutur dia.

Pada kesempatan tersebut, Ridwan Kamil turut menyampaikan permasalahan yang dihadapi Jawa Barat. Hampir semua kota di dunia, kata dia, memiliki sejumlah masalah.

Menurut dia, masalah pertama adalah dampak pandemi Covid-19 yang mengganggu kelanjutan hidup masyarakat. Kedua, pemanasan global yang kini melanda seluruh dunia, tak terkecuali Jawa Barat.

"Sebagian tanah saya di utara Jawa Barat sudah menjadi air laut. Jadi setiap hari, saya harus berurusan dengan begitu banyak masalah karena tiga gangguan tersebut," ucap dia.


PAN Usung 9 Bakal Capres Untuk 2024

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan resmi mengumumkan sembilan nama sebagai bakal calon presiden yang akan diusung untuk Pilpres 2024 (Liputan6.com/Winda Nelfira)
Perbesar
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan resmi mengumumkan sembilan nama sebagai bakal calon presiden yang akan diusung untuk Pilpres 2024 (Liputan6.com/Winda Nelfira)  

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan resmi mengumumkan sembilan nama sebagai bakal calon presiden yang akan diusung untuk Pilpres 2024.

Sembilan nama capres adalah Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Golkar Airlangga Hartanto, Ketum PPP Suharso Monoarfa, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ada Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa, Menteri BUMN Erick Thohir.

Keputusan tersebut disampaikan Zulhas dalam Rakernas PAN yang digelar hari ini, Sabtu (27/8/2022) malam.

Mulanya, Zulhas meyampaikan ada tiga kluster capres atau sembilan nama capres yang didorong PAN. Namun, pada waktunya ia akan memutuskan salah satu nama.

“Pada saatnya tentu kita akan memutuskan, percayakan pada ketua umum,” kata Zulhas.

Infografis 24 Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024 Lolos ke Tahap Verifikasi Administrasi
Perbesar
Infografis 24 Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024 Lolos ke Tahap Verifikasi Administrasi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya