Sukses

Suasana Rumah Pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling 3 Jelang Rekontruksi Pembunuhan Brigadir J

Rekonstruksi pembunuhan berencana Brigadir J alias Nofiransyah Yosua Hutabarat pada hari ini, Selasa (30/8/2022) dilaksanakan di dua lokasi.

Liputan6.com, Jakarta - Rekonstruksi pembunuhan berencana Brigadir J alias Nofiransyah Yosua Hutabarat pada hari ini, Selasa (30/8/2022) dilaksanakan di dua lokasi.

Lokasi pertama berada di rumah pribadi mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo yang berlokasi di Jalan Saguling 3 dan lokasi kedua di rumah dinas Duren Tiga, Jakarta Selatan. Rekonstruksi hari ini dimulai pukul 10.00 WIB.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (30/8/2022), situasi pengamanan tempat kejadian perkara pertama di rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling 3 jelang rekonstruksi, mulai masif sejak pukul 07.00 WIB oleh pihak Brimob dan kepolisan. Seperti petugas yang berjaga di pintu masuk rumah pribadi Ferdy Sambo dan lokasi sekitar rumah tersebut.

Kemudian, satu unit tim Indonesia Automatic Fingerprint Indetification System (INAFIS) sudah hadir kurang lebih pada pukul 07.43 WIB. Dilanjut dengan kedatangan tim penyidik beserta labfor.

Tampak mobil polisi mulai merapihkan barisan parkir. Petugas Pengamanan Polisi berseragam cokelat pun mulai berkoordinasi dengan aparat keamanan lainnya.

Sementara kurang lebih pukul 08.40 datang mobil hitam milik Direktur Andi Rian. Dilanjut dengan kedatangan tim penyidik beserta labfor.

Saat ini pihak kepolisian dan teman-teman media masih menunggu kedatangan dari lima tersangka beserta Jaksa Penuntut Umum (JPU), Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Diketahui jarak antara rumah pribadi ke rumah dinas Ferdy Sambo berjarak sekitar 300 meter.

Timsus sendiri nantinya akan menghadirkan lima tersangka dengan empat di antaranya mengenakan rompi tahanan.

Mereka adalah Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan Kuwat Ma'ruf, yang keempatnya

"Empat tersangka berstatus tahanan akan menggunakan baju tahanan," tutur Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi kepada wartawan, Senin 29 Agustus 2022.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jelang Rekonstruksi, Brimob Mulai Lingkari Rumah Ferdy Sambo di Duren Tiga

Jelang rekonstruksi kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, satuan Brimob Polri mulai ditugaskan menjaga sekitaran kediaman rumah dinas Ferdy Sambo di kompleks Polri, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (30/8/2022), empat anggota Brimob Polri berseragam lengkap dengan menenteng laras panjang berjalan masuk menuju area kediaman dinas Ferdy Sambo. Mereka menentukan posisi dengan masing-masing berada di tiap sisi rumah.

Mereka sudah bersiaga sejak pagi, meski baru sekitar pukul 08.00 WIB menempati posisi jaga lokasi rekonstruksi. Sementara itu rencananya rekonstruksi dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB.

Sejak pukul 07.00 WIB, lalu lintas depan pintu masuk komplek Polri terpantau sedikit tersendat. Petugas kepolisian terlihat melakukan penjagaan dan berlalu lalang.

Pintu Komplek Polri pun ditutup. Namun terlihat gerbang akses jalan antara dari rumah dinas Ferdy Sambo dengan kediaman pribadinya di Saguling pun terbuka.

Masuk pukul 08.20 WIB, rombongan satuan Provos tampak memasuki kawasan Komplek Polri Duren Tiga mengawali penjagaan Brimob. Ada sekitar tiga kendaraan yang terlihat membawa sejumlah personel baret biru itu.

Polri menggelar agenda rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, hari ini, Selasa (30/8/2022). Timsus sendiri akan menghadirkan lima tersangka dengan empat di antaranya mengenakan rompi tahanan.

Mereka adalah Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan Kuwat Ma'ruf, yang keempatnya

"Empat tersangka berstatus tahanan akan menggunakan baju tahanan," tutur Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi kepada wartawan, Senin 29 Agustus 2022.

Adapun untuk istri Ferdy Sambo yakni Putri Candrawathi, tidak mengenakan rompi lantaran belum berstatus sebagai tahanan.

3 dari 3 halaman

Kapolri Pastikan Reka Ulang Berlangsung Transparan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sendiri telah memastikan pelaksanaan rekonstruksi kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J di Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan akan berjalan secara transparan.

"Semuanya transparan tidak ada yang kita tutupi. Kita proses sesuai dengan fakta dan itu janji kita," tutur Kapolri Listyo di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu 28 Agustus 2022.

Listyo enggan merinci terkait mekanisme pelaksanaan rekonstruksi tersebut. Yang pasti, kelima tersangka yakni Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan Kuwat Ma'ruf akan turut dihadirkan dalam proses rekonstruksi.

"Itu teknis ya itu, biar diserahkan ke penyidik. Yang penting saya doakan kalau kita semua tetap seperti komitmen kita," kata Listyo. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.