Sukses

DPR Belum Terima Surat Presiden Soal Pengganti Lili Pintauli di KPK

Lili Pintauli Siregar resmi mengundurkan diri jabatan Wakil Ketua KPK,, sesaat sebelum menjalani putusan dugaan pelanggaran etik terkait penerimaan gratifikasi MotoGP.

Liputan6.com, Jakarta Sejak pengunduran diri Lili Pintauli, DPR hingga kini belum menerima surat presiden tentang pengganti Lili di KPK. Hal itu dibenarkan oleh Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad saat menjawab pertanyaan awak media.

"Surpres pergantian Bu Lili sampai hari ini kami belum terima. Mungkin dalam minggu-minggu ini nanti kita update lagi," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (29/8/2022).

Dasco beralasan, belum adanya Surpres bisa dikarenakan Istana menunggu masa reses DPR setelah Lili menyatakan undur diri dari KPK. Kendati saat ini, DPR sudah kembali bekerja dan kegiatan di Parlemen sudah kembali berlangsung.

"Kita sudah memulai kegiatan mulai dari 16 Agustus dan proses administrasi pengiriman yang sedang berjalan," Dasco menutup.

Lili Pintauli Siregar resmi mengundurkan diri jabatan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu dilakukan, sesaat sebelum Lili menjalani putusan dugaan pelanggaran etik terkait penerimaan gratifikasi MotoGP. Pengunduran diri Lili dikabulkan Dewan Pengawas KPK.

"Terima kasih majelis, saya menerima penetapan majelis," ujar Lili dalam sidang, Senin 11 Juli 2022.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebelumnya juga mengatakan nama calon Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pengganti Lili Pintauli Siregar masih dalam proses. Kendati begitu, dia memastikan akan segera mengajukan nama pengganti Lili ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Untuk pengganti Bu Lili Pintauli masih dalam proses, karena kan baru saja surat pemberhentiannya minggu yang lalu sudah saya tandatangani, dan ini masih dalam proses penggantian," kata Jokowi kepada wartawan di Kabupaten Subang Jawa Barat, Selasa (12/7/2022)."Kami akan segera ajukan ke DPR, secepatnya," sambungnya.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Firli Ucapkan Terima Kasih

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyampaikan terima kasih kepada Lili Pintauli Siregar atas kinerjanya selama menjadi pimpinan lembaga antirasuah.

"Kami sampaikan terima kasih kepada Ibu Lili Pintauli Siregar atas kerjanya selama menjabat sebagai pimpinan KPK," kata Firli Bahuri dalam keterangannya, Senin (11/7/2022).

Firli mengatakan, Presiden Jokowi menyetujui pengunduran diri yang dilayangkan Lili Pintauli. Diduga Lili mengundurkan diri saat mengetahui dugaan pelanggaran etik penerimaan gratifikasi MotoGP Mandalika akan disidangkan Dewan Pengawas KPK.

"Bahwa atas pengunduran ini, Bapak Presiden RI telah menyetujui dan menandatangani Kepres 71/P tahun 2022 tentang pemberhentian Pimpinan KPK Ibu Lili Pintauli Siregar, terhitung pertanggal 11 Juli 2022," kata Firli.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.