Ketum PAN Siap Sambut Parpol Gabung KIB dengan Karpet Biru

Oleh Liputan6.com pada 29 Agu 2022, 03:20 WIB
Diperbarui 29 Agu 2022, 03:20 WIB
Tiga Petinggi Koalisi Indonesia Bersatu Jalan Bersama ke KPU
Perbesar
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyapa awak media saat tiba di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2022). Kedatangan ketiga petinggi KIB tersebut terlihat mesra saat jalan bersama menuju Gedung KPU. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan siap menyambut partai politik (parpol) yang berminat gabung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan menggelar karpet biru.

PAN dengan senang hati menyambut partai yang akan bergabung dengan KIB.

"Ya bersilaturahim ya siapa aja yang mau kita kasih karpet biru," ujar politikus yang akrab disapa Zulhas ini di Jakarta pada Sabtu (27/8/2022) kemarin.

Namun, Zulhas belum mau memberi bocoran parpol mana yang bakal bergabung dengan KIB.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto telah memberikan sedikit bocoran soal partai politik yang akan bergabung dengan KIB, yaitu parpol parlemen dan partai nonparlemen.

"Mau ada yang dari parlemen ada, udah ketemu saya juga tuh. Enggak bakal saya bocorkan, yang nonparlemen juga ada tuh," kata Yandri.

Parpol yang dimaksud telah berkomunikasi dengan partai-partai anggota KIB. Menurut Yandri, akan ada saatnya KIB mengumumkan anggota barunya ke publik.

"Nanti pada saatnya akan kita munculkan secara resmi bergabung lagi ke KIB," kata Yandri menandaskan.

Sebelumnya diberitakan, Waketum PAN Yandri Susanto memberikan sinyal akan ada anggota baru KIB. Yandri mengatakan, tanda-tanda partai tersebut bergabung KIB semakin dekat. Dalam waktu dekat partai yang dimaksud akan diumumkan ke publik.

"Tanda-tanda itu sudah semakin baik jadi, tapi kan belum bisa dipublikasikan kalau itu kan," ujar Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/8/2022).  

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


KIB Tetap Membuka Diri untuk Parpol Lain

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersama Ketum PAN dan Ketum PPP dalam forum Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)
Perbesar
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersama Ketum PAN dan Ketum PPP dalam forum Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)

Namun, Yandri belum mau mengungkap partai mana yang akan bergabung dengan KIB. Ia bilang, KIB membuka komunikasi dengan semua partai politik baik yang di parlemen dan nonparlemen.

"Sampai sekarang KIB itu banyak melakukan komunikasi dengan partai-partai yang lain baik partai yang ada di Senayan maupun yang belum di Senayan," katanya.

Koalisi KIB pun tetap membuka diri agar partai lain bisa bergabung. Silahturahmi terus dijalankan partai di KIB dengan partai di luar koalisi.

"Intinya kami tetap membuka diri siapapun yang mau bergabung KIB tetap terbuka. Nah karena terbuka kami menerima silaturahmi dari partai lain dan kami juga melakukam silaturahmi dengan partai lain ya," ujar Yandri.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Infografis Manuver Koalisi Indonesia Bersatu, Konsolidasi Jelang Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Manuver Koalisi Indonesia Bersatu, Konsolidasi Jelang Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya