Sukses

Kisruh Amplop Kiai, Putri Gus Dur: Tak Kenal Budaya Ulama

Menurut Yenny, kiai dan ulama justru lebih banyak memberikan kemanfaatan kepada masyarakat dibandingkan menerima sesuatu.

Liputan6.com, Jakarta - Putri almarhum Presiden RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yakni Zannuba Ariffah Chafsoh atau akrab disapa Yenny Wahid menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suharso Monorfa, yang diduga menyamakan pemberian kepada kiai atau ulama sebagai politik uang atau money politics.

Dia menilai bahwa jika ada yang beranggapan seperti itu, maka hal tersebut menunjukkan ketidaktahuan atau tak mengenal dan memahami budaya di lingkungan kiai ataupun ulama.

"Jadi kalau kiai-kiai disebut terlibat dalam money politics, saya rasa itu karena enggak kenal budaya kiai dan ulama," tutur Yenny kepada wartawan, Minggu (28/8/2022).

Menurut Yenny, kiai dan ulama justru lebih banyak memberikan kemanfaatan kepada masyarakat dibandingkan menerima sesuatu.

"Banyak masyarakat yang datang sowan ke kiai untuk minta didoakan dan karena mereka percaya bahwa silaturahmi ke kiai akan mendatangkan keberkahan. Baik orang miskin dan kaya, pejabat dan orang biasa, semua diterima dan dihormati," jelas dia.

Bahkan, kata Yenny, tidak jarang ada pihak yang datang dengan membawa sumbangan dan oleh-oleh. Mulai dari membawa hasil bumi seperti singkong, kelapa, hingga memilih memberikan sumbangan berupa uang dengan jumlah beragam.

"Bapak saya dulu sering diberi uang Rp 5 ribu oleh masyarakat yang sowan. Namun banyak kiai yang bahkan besaran sumbangannya saja tidak tahu karena biasanya akan disalurkan langsung untuk keperluan pondok pesantren, membangun masjid dan lain-lain," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Subsidi Kiai ke Pesantren

Lebih lanjut, Yenny menegaskan, banyak pondok pesantren yang masih disubsidi oleh kiainya agar para santri bisa belajar dan tinggal secara gratis di sana.

"Bahkan kami punya pengalaman unik dengan almarhum Kiai Maimun Zubair, tokoh karismatik PPP. Kalau beliau diberi amplop, amplopnya diterima, tapi lalu dikembalikan lagi ke yang memberi. Beliau mengatakan bahwa sumbangannya beliau terima, dan karena sudah menjadi hak beliau, maka beliau memberikan kembali ke orang yang memberi sumbangan tersebut sebagai hadiah dari beliau," kata Yenny.

"Itulah akhlak kiai, yang bisa menolak secara halus, tanpa menyinggung perasaan orang yang ingin mendapatkan berkah," Yenny menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.