Sukses

4 Fakta Terkait Kirab Merah Putih dari Istana ke Bundaran HI

Pada hari ini, Minggu (28/8/2022), Presiden Joko Widodo atau Jokowi melepas Kirab Merah Putih di depan Istana Merdeka Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melepas Kirab Merah Putih di depan Istana Merdeka Jakarta pada hari ini, Minggu (28/8/2022),

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Habib Luthfi bin Yahya.

"Bersama-sama dengan Kapolri, bersama-sama dengan Bapak Habib Luthfi bin Yahya, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pagi hari ini saya nyatakan Kirab Merah Putih diberangkatkan. Tiga, dua, satu," kata Jokowi saat membuka kirab sambil memegang start flag.

Setelah start flag dikibarkan Jokowi, peserta pun langsung memulai kirab. Adapun kirab diawali oleh drum band Cenderawasih Akademi Kepolisian (Akpol), lalu anggota Paskibraka, hingga masyarakat umum.

Bendera Merah Putih sepanjang 1.700 meter dibentangkan dan diarak pada acara Kirab Merah Putih dengan rute Istana Merdeka - Silang Monas - Bundaran Hotel Indonesia (Bundaran HI), Jakarta Pusat.

Sementara itu, Anggota Wantimpres Habib Luthfi bin Yahya mengatakan, Kirab Merah Putih digelar untuk kembali membangkitkan rasa memiliki Tanah Air.

"Dengan adanya kirab pagi hari ini, tunjukkan kita siap menggunakan Merah Putih sampai kapanpun, kita bertekad untuk menjaga NKRI harga mati," kata Habib Luthfi dalam sambutannya.

"Itulah tujuan utama daripada kirab hari ini untuk membangkitkan kembali rasa memiliki Tanah Air Indonesia," sambungnya.

Berikut sederet fakta terkait Kirab Merah Putih yang dilepas Presiden Jokowi di depan Istana Merdeka Jakarta dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kirab Merah Putih Diberangkatkan Langsung oleh Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melepas Kirab Merah Putih di depan Istana Merdeka Jakarta, Minggu (28/8/2022). Jokowi tampak didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Habib Luthfi bin Yahya.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di lokasi pada pukul 07.00 WIB, dengan memakai jaket berwarna hijau dan bertuliskan G20. Kemudian, Jokowi bersama Kapolri dan Habib Luthfi naik ke atas panggung untuk membuka Kirab Merah Putih.

"Bersama-sama dengan Kapolri, bersama-sama dengan Bapak Habib Lutfi bin Yahya, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pagi hari ini saya nyatakan Kirab Merah Putih diberangkatkan. Tiga, dua, satu," kata Jokowi saat membuka kirab sambil memegang start flag, Minggu.

Setelah start flag dikibarkan Jokowi, peserta pun langsung memulai kirab. Adapun kirab diawali oleh drum band Cenderawasih Akademi Kepolisian (Akpol), lalu anggota Paskibraka, hingga masyarakat umum.

 

3 dari 5 halaman

2. Bendera Sepanjang 1.700 Meter

Kemudian, bendera merah putih sepanjang 1.700 meter dibentangkan dan diarak pada acara Kirab Merah Putih dengan rute Istana Merdeka - Silang Monas - Bundaran Hotel Indonesia (Bundaran HI), Jakarta Pusat.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (28/8/2022), Presiden Jokowi memulai seremonial sekitar pukul 07.00 WIB dari Istana Negara dan disusul dengan pembawaan bendera panjang oleh sekitar 50 ribu orang.

Dari Bundaran HI, panggung penyambutan pun diisi oleh berbagai aksi pentas, mulai dari pencak silat hingga penampilan penyanyi lagu terkini.

 

4 dari 5 halaman

3. Kapolri dan Jenderal Bintang 3 Saksikan Kirab

 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo didampingi barisan jenderal Polri turut menyaksikan parade Kirab Merah Putih yang berlangsung dari depan Istana Merdeka hingga Bundaran Hotel Indonesia (Bundaran HI), Jakarta Pusat, Minggu (28/8/2022).

Berdasarkan pantauan merdeka.com di Bundaran HI, Kapolri tampak didampingi enam jenderal bintang tiga Polri saat menyambut parade bentangan Bendera Merah Putih sepanjang 1.700 meter. Selain juga ada sejumlah tokoh agama.

"Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya, beraneka ragam suku bangsa, memiliki ribuan bahasa, tapi perbedaan bukanlah suatu halangan, untuk terus menjunjung persatuan, hal itulah yang menjadi semangat lintas elemen menggelar kegiatan kirab merah putih ini," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Minggu (28/8/2022).

 

5 dari 5 halaman

4. Tujuan Kirab Merah Putih

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Habib Luthfi bin Yahya mengatakan, Kirab Merah Putih digelar untuk kembali membangkitkan rasa memiliki Tanah Air.

Hal ini disampaikan Habib Luthfi saat menyampaikan sambutan dalam acara pelepasan Kirab Merah Putih di depan Istana Merdeka Jakarta.

"Dengan adanya kirab pagi hari ini, tunjukkan kita siap menggunakan Merah Putih sampai kapanpun, kita bertekad untuk menjaga NKRI harga mati," kata Habib Luthfi dalam sambutannya, Minggu.

"Itulah tujuan utama daripada kirab hari ini untuk membangkitkan kembali rasa memiliki Tanah Air Indonesia," sambungnya.

Dia mengingatkan bahwa kemakmuran dan kesuburan yang ada di Indonesia saat ini tak terlepas dari perjuangan para pejuang 350 tahun lalu. Habib Luthfi menekankan para pejuang berjuang penuh agar Bendera Merah Putih dapat berkibar.

"Sehingga bisa berkibar sang saka merah putih bukan hadiah, tapi merah putih tegaknya karena berdarah cukup jasa-jasa para pendahulu pendiri bangsa ini," ujar dia.

Habib Luthfi menyampaikan generasi penerus bangsa harus bisa membalas jasa-jasa para pejuang tersebut. Salah satunya, kata dia, dengan memberikan kontribusi untuk Indonesia.

"Apa terima kasih kita kepada para beliau tentunya sebagai generasi penerus bisa membangun, bisa memberikan kontribusi, bisa memberikan jawaban atas segala kekurangan-kekurangan yang ada pada diri kita," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.