Sukses

Didampingi Kapolri dan Habib Luthfi, Jokowi Lepas Kirab Merah Putih dari Depan Istana

Presiden Jokowi bersama Kapolri dan Habib Luthfi melepas kirab merah putih dari depan Istana Merdeka, Jakarta. Kirab ini akan berlangsung dengan rute Istana - Bundaran HI.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melepas Kirab Merah Putih di depan Istana Merdeka Jakarta, Minggu (28/8/2022). Jokowi tampak didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Habib Luthfi bin Yahya.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di lokasi pada pukul 07.00 WIB, dengan memakai jaket bewarna hijau dan bertuliskan G20. Kemudian, Jokowi bersama Kapolri dan Habib Luthfi naik ke atas panggung untuk membuka Kirab Merah Putih.

"Bersama-sama dengan Kapolri, bersama-sama dengan Bapak Habib Lutfi bin Yahya, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pagi hari ini saya nyatakan Kirab Merah Putih diberangkatkan. Tiga, dua, satu," kata Jokowi saat membuka kirab sambil memegang start flag, Minggu.

Setelah start flag dikibarkan Jokowi, peserta pun langsung memulai kirab. Adapun kirab diawali oleh drum band Cenderawasih Akademi Kepolisian (Akpol), lalu anggota Paskibraka, hingga masyarakat umum.

Presiden Jokowi didampingi Kapolri Jenderal Listyo SIgit Prabowo dan Habib Luthfi bin Yahya melepas Kirab Merah Putih dari depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Minggu 28 Agustus 2022. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Habib Luthfi bin Yahya mengatakan kirab ini digelar untuk membangkitkan kembali rasa memiliki tanah air Indonesia. Dia mengingatkan perjuangan para pejuang kemerdekaan yang berdarah-darah demi tegaknnya bendera merah putih.

"Dengan adanya kirab pagi hari ini, tunjukkan kita siap menggunakan merah putih sampai kapanpun, kita bertekad untuk menjaga NKRI harga mati," jelasnya.

"Itu lah tujuan utama daripada kirab hari ini untuk membangkitkan kembali rasa memiliki tanah air Indonesia," sambung Habib Luthfi.

Adapun acara kirab ini diikuti berbagai elemen masyarakat. Sejumlah masyarakat membawa bendera merah putih sepanjang 1.001 meter dari depan Istana Merdeka menuju bundaran Hotel Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kawasan Bundaran HI Dipadati Warga

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Habib Muhammad Luthfi bin Yahya akan mengikuti Kirab Merah Putih, hari ini Minggu (28/8/2022).

Kirab Merah Putih pagi ini akan berlangsung dengan rute Istana Negara, Silang Monas, hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, sejak pukul 06.00 WIB situasi di kawasan Bundaran HI telah ramai dipadati masyarakat yang berolahraga. Sementara di dekat Pospol Subsektor Thamrin disulap menjadi panggung Kirab Merah Putih.

Masuk pukul 07.00 WIB, tampak dua layar besar yang tersedia mulai menampilkan Presiden Jokowi, Kapolri Jenderal Listyo, dan Habib Luthfi yang berada di panggung Istana Negara.

Habib Luthfi tampak menyampaikan sepatah kata lebih dulu. Meski begitu, layar tersebut hanya menampilkan visual tanpa suara.

Masyarakat yang melintas di kawasan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) ini terlihat antusias berhenti dan menyaksikan layar besar yang turut menampilkan aksi marching band Polri.

Rencananya, akan ada pembentangan bendera merah putih sepanjang 1.700 meter oleh 50 ribu masyarakat dalam kirab ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.