Sukses

Jelang Kirab Merah Putih yang Dihadiri Jokowi, Warga Mulai Padati Bundaran HI

Kirab Merah Putih dengan rute Istana-Bundaran HI ini akan diikuti oleh Presiden Jokowi, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan Habib Luthfi bin Yahya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Habib Muhammad Luthfi bin Yahya akan mengikuti Kirab Merah Putih, hari ini Minggu (28/8/2022).

Kirab Merah Putih pagi ini akan berlangsung dengan rute Istana Negara, Silang Monas, hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, sejak pukul 06.00 WIB situasi di kawasan Bundaran HI telah ramai dipadati masyarakat yang berolahraga. Sementara di dekat Pospol Subsektor Thamrin disulap menjadi panggung Kirab Merah Putih.

Masuk pukul 07.00 WIB, tampak dua layar besar yang tersedia mulai menampilkan Presiden Jokowi, Kapolri Jenderal Listyo, dan Habib Luthfi yang berada di panggung Istana Negara.

Habib Luthfi tampak menyampaikan sepatah kata lebih dulu. Meski begitu, layar tersebut hanya menampilkan visual tanpa suara.

Masyarakat yang melintas di kawasan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) ini terlihat antusias berhenti dan menyaksikan layar besar yang turut menampilkan aksi marching band Polri.

Rencananya, akan ada pembentangan bendera merah putih sepanjang 1.700 meter oleh 50 ribu masyarakat dalam kirab ini.

Sebelumnya diberitakan, lintas elemen mulai dari Pemerintah, tokoh agama, tokoh bangsa, Polri, pemuda hingga mahasiswa akan menggelar kegiatan kirab merah putih sebagai wujud untuk menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Jokowi hingga Habib Luthfi

Kegiatan pembentangan bendera merah putih akan diselenggarakan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, pada hari Minggu 28 Agustus 2022, pukul 07.00 hingga 09.00 WIB. Adapun rute kirab tersebut dimulai dari Silang Monas hingga Bundaran HI.

"Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya, beraneka ragam suku bangsa, memiliki ribuan bahasa, tapi perbedaan bukanlah suatu halangan, untuk terus menjunjung persatuan, hal itulah yang menjadi semangat lintas elemen menggelar kegiatan kirab merah putih ini," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/8/2022).

Dedi menyebut, acara kirab merah putih ini rencananya akan dihadiri oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Ulama karismatik Habib Luthfi bin Ali bin Yahya.

"Acara ini juga akan dihadiri oleh puluhan ribu orang dari berbagai macam elemen masyarakat," ujar Dedi.

Dalam acara tersebut nantinya terdapat beberapa rangkaian kegiatan. Mulai dari, parade kirab merah putih, pawai, doa lintas agama, tausiah kebangsaan, sambutan, pembacaan ikrar, hingga hiburan.

"Kegiatan tersebut nantinya juga akan diisi dengan berbagai macam kebudayaan yang dimiliki Bangsa Indonesia," tutup Dedi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.