Sukses

PAN Usung 9 Bakal Capres Untuk 2024: Dari Ganjar, Anies, Hingga Erick Thohir

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan resmi mengumumkan sembilan nama sebagai bakal calon presiden yang akan diusung untuk Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan resmi mengumumkan sembilan nama sebagai bakal calon presiden yang akan diusung untuk Pilpres 2024.

Sembilan nama capres adalah Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Golkar Airlangga Hartanto, Ketum PPP Suharso Monoarfa, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ada Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa, Menteri BUMN Erick Thohir.

Keputusan tersebut disampaikan Zulhas dalam Rakernas PAN yang digelar hari ini, Sabtu (27/8/2022) malam.

Mulanya, Zulhas meyampaikan ada tiga kluster capres atau sembilan nama capres yang didorong PAN. Namun, pada waktunya ia akan memutuskan salah satu nama.

“Pada saatnya tentu kita akan memutuskan, percayakan pada ketua umum,” kata Zulhas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kluster Ketum

Zulhas menjelaskan, kluster pertama capres PAN adalah para Ketua Umum dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Namun PAN juga mendorong Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

“Semua ketua-ketua partai dalam KIB bisa kita dorong, satu Ketum PAN Zulkifli Hasan, dua Pak Airlangga dari Partai Golkar. Ketiga Ketum PPP Suharso Monoarfa. Satu lagi pimpinan PDI Perjuangan Ibu Puan Maharani,” kata dia.

Sementara dari kluster teknorat, PAN mengusung Menteri BUMN, Erick Thohir. “Kader-kader PAN dari berbagai daerah melihat sosok Menteri BUMN, Erick Thohir, untuk maju dalam pilpres 2024,” kata dia.

3 dari 3 halaman

Kluster Kepala Daerah

Ketiga, kluster kepala daerah, PAN mendorong Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ada Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa.

“Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ada Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.