Polisi Diminta Tindak Tegas Komunitas Motor yang Lakukan Aksi kekerasan

Oleh Liputan6.com pada 27 Agu 2022, 19:01 WIB
Diperbarui 28 Agu 2022, 06:26 WIB
Ilustrasi Geng Motor (Istimewa)
Perbesar
Ilustrasi Komunitas Motor (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Moonraker Indonesia, Pandjie Sindhubrata Rusdi, meminta polisi menindak tegas komunitas motor yang akhir-akhir ini kembali marak berkonvoi dan melakukan aksi kekerasan. Pandjie berharap polisi sebaiknya meningkatkan patroli di jam-jam rawan.

"Kami mengharapkan pihak Kepolisian untuk menindak tegas dan meningkatkan kegiatan patroli khususnya di jam waktu rawan terjadinya konvoi dan tindakan anarkis oleh komunitas motor, sehingga dapat mempersempit ruang gerak," ujar Pandjie dalam keterangannya, Sabtu (27/8/2022).

Bagi yang tertangkap karena melakukan kekerasan, lanjut dia, harus diproses secara hukum, sehingga bisa memberikan efek jera. "Tndakan hukum yang dilakukan ini dapat memberikan efek jera bagi pelaku," tegasnya.

Pernyataan Pandjie ini, menyikapi maraknya kembali aksi kekerasan jalanan yang dilakukan oleh komunitas motor di wilayah Jawa Barat. Terakhir terjadi pada hari Minggu tanggal 7 Agustus 2022 sekitar pukul 00.47 WIB di Jalan Maripan Kelurahan Kebon Pisang, Kota Bandung oleh sekitar 30 orang komunitas motor.

Mereka melakukan pengeroyokan terhadap 3 orang komunitas motor lainya yang mengakibatkan korban memgalami luka bacok.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Kecam Aksi Brutal

Pandjie mengecam aksi brutal tersebut yang justru akan berdampak dengan permasalahan hukum, meresahkan masyarakat serta memperburuk citra komunitas motor, khususnya di wilayah Jawa Barat.

"Tindakan brutal tersebut tidak mencerminkan perilaku sebagai komunitas motor yang selama ini berprinsip untuk menciptakan kerukunan dan saling menghormati antar sesama kelompok komunitas motor," kata dia.

Sekadar diketahui, Moonraker Indonesia merupakan salah satu komunitas motor khususnya di wilayah Jawa Barat yang dengan tegas menolak segala bentuk kekerasan baik yang terjadi di jalanan maupun dalam bentuk lainnya.

Pandjie mengharapkan sesama komunitas motor sebaiknya saling menjaga perilaku, mempererat silaturahmi dan berkarya sesuai keahlian, khususnya dalam bidang otomotif.

Selain itu juga menciptakan wadah yang dapat menampung komunitas motor dalam menyalurkan bakat dan prestasi, baik dalam bidang otomotif maupun berkarya dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

infografis motor listrik
Perbesar
motor listrik lebih murah dalam perawatan, tapi tidak untuk baterai (liputan6.com/abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya