Sukses

Papua Muda Inspiratif Bersama BIN Resmikan Pusat Produk UMKM hingga Tinjau TK Binaan di Mimika

PMI merupakan binaan BIN yang bertugas untuk membawa semangat baru bagi anak-anak muda Papua agar dapat mengimplementasikan ide dan gagasannya untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

Liputan6.com, Jakarta Papua Muda Inspiratif (PMI) Kabupaten Mimika meresmikan sekretariat sekaligus menjadi tempat pusat penjualan produk pelaku UMKM binaan mereka. Produk ciri khas Papua ini berada di Jalan Pondok Sudarso, Kelurahan Kwamki, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. 

Sentra usaha binaan PMI itu diresmikan langsung oleh Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi, Badan Intelijen Negara (BIN) I Gde Made Kartikajaya bersama jajarannya, didampingi Kordinator Umum PMI Billy Mambrasar, Kordinator PMI Provinsi Papua Neil Aiwoy, Ketua PMI Kab. Mimika Eka Kora dan Firsa Lokobar selaku Ketua Bagian UMKM PMI Kab. Mimika. 

PMI merupakan binaan BIN yang bertugas untuk membawa semangat baru bagi anak-anak muda Papua agar dapat mengimplementasikan ide dan gagasannya untuk kesejahteraan masyarakat Papua. 

"Saya bersyukur kini PMI sudah punya sekretariat dan tempat bisnis. Kami percaya PMI dapat memberikan manfaat dan membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat Papua," kata Eka Kora usai peresmian di lokasi, Kamis (25/8/2022). 

Eka menyampaikan terimkasih kepada I Gde Made karena telah datang langsung untuk meresmikan tempat tersebut. Ia pun berkomitmen untuk melaksanakan setiap arahan yang disampaikan I Gde Made. 

"Ini tempat untuk semua anak muda Mimika, masyaratnya. Mari beli produk asli Papua," ujar Eka yang juga menjual obat herbal dari Papua. 

Sementara Neil Awoy mengungkapkan ada dua kategori jenis UMKM yang dibina PMI. Pertama, pelaku UMKM yang inkubasi, yaitu para pelaku UMKM yang tidak mempunyai jenis usaha atau produk tapi punya keinginan untuk bisnis, maka diajarka oleh PMI

Menurut dia, UMKM yang sudah mempunyai produk masuk kategori akselerasi. Produk mereka kemudian dipamerkan di sekretariaat PMI yang baru diresmikan tersebut. Neil menuturkan, pihaknya juga akan memberikan dukungan secara pararel dengan marketplace online lewat E-commerce yang sudah ada maupun yang diinisiasi PMI. 

"PMI ini memberikan ruang dan memfasilitasi teman-teman yang selama ini punya kreatifitas tapi tidak ada pasarnya, atau tidak ada tempat untuk di jual, sehingga sekretariat ini akan berfungsi sebagai marketplace offline," kata Neil usai acara. 

Adapun produk yang dijual berupa kerajinan untuk aksesoris seperti kunci, kalung, pakaian adat Papua hingga minuman seperti kopi dan minuman herbal dari daun di Papua yang berfungsi untuk stamina dan kesuburan wanita. Produk herbal ini penjualannya sudah ke luar Papua seperti ke Jakarta hingga Jawa Barat. 

"Produknya ada Handicraft, pakain adat yang asli dari suku sini dan ada minuman herbal asli dari sini," ungkap Neil. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

TK Binaan PMI Kabupaten Mimika

PMI Kabupaten Timika melakukan pembinaan dibidang pendidikan diantaranya pembinaan pendidikan di TK Nangmora, di Jalan Agimuga, Mile 32, Distrik Kuala Kencana, Papua. 

I Gde Made Kartikajaya dan PMI sempat melongok keadaan anak yang sekolah di TK tersebut. I Gde Made sempat memberi pelajaran dan mengajak anak-anak untuk bermain, termasuk sumbangan kepada TK tersebut. I Gde Made Kartikajaya juga menekankan agar menambahkan pendidikan nasionalisme dalam pembelajaran di TK, seperti menyanyikan lagu nasional sebelum memulai aktivitas belajar mengajar dimulai. 

PMI juga berencana akan melakukan pembinaan terhadap Anak-anak yang mempunyai bakal dalam model.

Rombongan PMI bersama I Gde Made Kartikajaya mengunjungi sekolah model yang akan dilakukan pembinaan bernama Anak Pondok Mambruk Models Mimika di Jalan Kakatua, Kelurahan Kwamki, Distrik Mimika Baru, Papua. 

Dalam kesempatan itu, Anak-anak perempuan Kab. Mimika sempat memperagakan gaya model dihadapan I Gde Made Katikajaya dan rombongan PMI. Anak-anak itu nampak antusias dan bergembira saat bertemu dengan I Gde Made Katikajaya dan PMI.  

Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra menyatakan dukungannya terhadap program kerja PMI yang dibina langsung oleh BIN. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada I Gde Made Kartikajaya karena telah memperkuat sinergitas antar insitusi dan masyarakat demi terwujudnya kesejahteraan rakyat di Bumi Cenderawasih tersebut. 

Hal itu disampaikan saat I Gede Putra mendampingi I Gde Made Kartikajaya melakukan kunjungan ke lahan pertanian dan peternakan di Jalan Mapura Jaya, Timika, KM 7, Distrik Wania, Kab. Mimiika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.