Sukses

Viral Jembatan Situ Rawa Kalong Depok Diduga Rusak, Ini Kata SDA Provinsi Jabar

Media sosial di Kota Depok memposting video jembatan Situ Rawa Kalong yang rusak yang belum sebulan diresmikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Bonge SCBD.

Liputan6.com, Depok - Media sosial di Kota Depok memposting video jembatan Situ Rawa Kalong yang rusak yang belum sebulan diresmikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Bonge SCBD. Menanggapi video tersebut, Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat akan segera melakukan pengecekan.

Kepala SDA Provinsi Jawa Barat, Dicky Ahmad Sidik mengatakan, dugaan kerusakan dek jembatan di Situ Rawa Kalong berbeda dengan dengan floating dek yang diresmikan Gubernur Jawa Barat. Hal itu dilihat dari sisi material antara dek jembatan dengan floating dek. “Kalau yang floating dek kan baru sedangkan yang diduga rusak sudah lama terpasang,” ujar Dicky saat dihubungi melalui telepon, Jumat (26/8/2022).

Perbedaan spek dek jembatan diduga rusak dengan floating dek berbeda dari sisi ketebalan. Dek jembatan diduga rusak disimpan di areal Situ Rawa Kalong yang tidak banyak didatangi pengunjung.

“Makanya kita simpan di sana tidak diperuntukkan seperti floating dek, jadi floating dek spesifikasinya lebih baik sehingga bisa digunakan untuk jalan dan sebagainya,” ucap Dicky.

Dicky menjelaskan, SDA Provinsi Jawa Barat akan memastikan dugaan kerusakan pada tiang dek jembatan. SDA Provinsi Jawa Barat telah meminta UPTD untuk melakukan pengecekan karena tiang pada jembatan tidak serapat dengan floating dek.

“Begitupun dengan lampu penerangan yang rusak akan kita coba cek, jika rusak pasti akan diperbaiki,” jelas Dicky.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Percepat Proses Serah Terima

Dicky mengungkapkan, SDA Provinsi Jawa Barat sedang mempercepat serah terima pengelolaan dengan Pemerintah Kota Depok, nantinya pengelolaan pengoperasian Situ Rawa Kalong dikelola koperasi. SDA Provinsi Jawa Barat mengakui tidak dapat melakukan pengelolaan layaknya pariwisata sehingga perlu dipisahkan.

“Kita bukan dinas mengurusi pariwisata, kita juga inginnya ada yang mengurus itu secara terpisah supaya lebih fokus,” ungkap Dicky.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Depok, Dadan Rustandi mengatakan, dugaan kerusakan jembatan Situ Rawa Kalong belum diketahuinya secara pasti. Hal itu dikarenakan revitalisasi situ tersebut belum diserahterimakan kepada Pemerintah Kota Depok dari Provinsi Jawa Barat.

“Pengelolaannya Provinsi Jawa Barat jadi belum diserahkan,” ujar Dadan.

Dadan menambahkan, Pemerintah Kota Depok sedang menjajaki pengelolaan Situ Rawa Kalong dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Kota Depok. Hal itu dilakukan keberadaan Situ Rawa Kalong dapat dijadikan pariwisata air.

“Kita akan usahakan segera mungkin,” pungkas Dadang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.