Sukses

Top 3 News: Kagetnya Ketua DPR Puan Maharani Harga BBM Subsidi Akan Naik

Ketua DPR RI Puan Maharani mengaku kaget soal rencana pemerintah yang kembali menaikkan harga BBM bersubsidi.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait rencana Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal menaikkan harga Bahan Bakar Minyak atau BBM bersubsidi pekan depan.

Hal tersebut disampaikan lewat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Menanggapi hal itu, Ketua DPR RI Puan Maharani mengaku kaget. Sebab, pemerintah belum sama sekali menyampaikan wacana kenaikan harga BBM ke Parlemen.

Kemudian, ayah Emil Dardak, Achmad Hermanto Dardak yang meninggal dunia akibat kecelakaan pada Sabtu 20 Agustus 2022, dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Menurut Emil Dardak, sang ayah yang merupakan Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2009-2014 itu dimakamkan pada Minggu 21 Agustus 2022.

Emil Dardak pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang memanjatkan doa dan ucapan belasungkawa atas wafatnya sang ayah, Achmad Hermanto Dardak sehingga dapat membantu menguatkan keluarga besarnya dalam menghadapi suasana duka ini.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani pada Sabtu 20 Agustus 2022.

Usai dilakukan OTT, KPK menetapkan Karomani sebagai tersangka dugaan suap penerimaan mahasiswa baru di Unila tahun akademik 2022.

Karomani pun langsung ditahan usai diumumkan sebagai tersangka. Hal tersebut disampaikan Direktur Penindakan KPK Asep Guntur, Minggu 21 Agustus 2022.

KPK juga menahan dua tersangka lain dengan periode waktu yang sama, yakni Wakil Rektor I Bidang Akademik Unila Heryandi dan Ketua Senat Unila Muhammad Basri. Keduanya ditahan di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

Sementara pihak swasta Andi Desfiandi yang diduga sebagai penyuap akan ditahan mulai 21 Agustus 2022 hingga 9 September 2022 di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu 21 Agustus 2022:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Rencana Pemerintah Naikkan Harga BBM, Puan Maharani: Ya Ampun

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengumumkan rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi pekan depan.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan, di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Menanggapi hal itu, Ketua DPR RI Puan Maharani mengaku kaget. Sebab, pemerintah belum sama sekali menyampaikan wacana kenaikan harga BBM ke Parlemen.

"Ya ampun, harga BBM? Belum ada usulan dari pemerintah untuk kenaikan BBM," kata Puan saat bertemu wartawan di Kompleks GBK Jakarta, Minggu 21 Agustus 2022.

Namun demikian, Puan menjelaskan, teknis naik tidaknya harga BBM menjadi hak pemerintah sebagai eksekutif. Menurut dia, pemerintah bisa memutuskan untuk kebijakan tersebut.

 

Selengkapnya...

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

2. Hermanto Dardak Dimakamkan di TMP Kalibata Minggu 21 Agustus 2022 Pagi Ini

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengatakan jenazah ayahnya, Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2009-2014 Achmad Hermanto Dardak, akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. Jenazah Hermanto Dardak akan dimakamkan pada Minggu pagi 21 Agustus 2022.

"Kami berterima kasih kepada Bapak Mensesneg (Menteri Sekretaris Negara Pratikno) dan Pak Presiden (Joko Widodo) atas diizinkannya almarhum (Achmad Hermanto Dardak) untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata besok pagi," kata Emil Dardak di rumah duka, Jakarta, seperti dilansir Antara, Sabtu 20 Agustus 2022.

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang memanjatkan doa dan ucapan belasungkawa atas wafatnya sang ayah sehingga dapat membantu menguatkan keluarga besarnya dalam menghadapi suasana duka ini.

Dia memohon maaf atas nama keluarga besar apabila Hermanto Dardak semasa hidupnya memiliki kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Emil mendoakan agar segala amal dan ibadah ayahnya dapat diterima oleh Allah SWT.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Terima Suap Penerimaan Mahasiswa Baru, Rektor Unila Karomani Ditahan KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani sebagai tersangka dugaan suap penerimaan mahasiswa baru di Unila tahun akademik 2022. Karomani langsung ditahan usai diumumkan sebagai tersangka.

"Tim penyidik melakukan upaya paksa penahanan kepada para tersangka untuk 20 hari pertama, terhitung mulai tanggal 20 Agustus sampai dengan 8 September 2022," ujar Direktur Penindakan KPK Asep Guntur di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Minggu 21 Agustus 2022.

KPK juga menahan dua tersangka lain dengan periode waktu yang sama, yakni Wakil Rektor I Bidang Akademik Unila Heryandi dan Ketua Senat Unila Muhammad Basri. Keduanya ditahan di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

Sementara pihak swasta Andi Desfiandi yang diduga sebagai penyuap akan ditahan mulai 21 Agustus 2022 hingga 9 September 2022 di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

"Untuk tersangka pihak swasta AD (Andi) penahannya terhitung mulai 21 Agustus 2022 sampai dengan 9 September 2022, karena ada perbedaan waktu saat penangkapan," kata Asep.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.