7 Ucapan Duka Cita Sejumlah Tokoh Atas Wafatnya Ayah Emil Dardak

Oleh Devira Prastiwi pada 21 Agu 2022, 14:04 WIB
Diperbarui 21 Agu 2022, 14:04 WIB
Ucapan Duka Cita Sejumlah Tokoh Atas Wafatnya Ayah Emil Dardak
Perbesar
Ucapan Duka Cita Sejumlah Tokoh Atas Wafatnya Ayah Emil Dardak. (Instagram @khofifah.ip)

Liputan6.com, Jakarta - Pada Sabtu 20 Agustus 2022, ayah Emil Dardak, Achmad Hermanto Dardak meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan lalu lintas di Pekalongan, Jawa Tengah.

Sederet ucapan duka pun mengalir dari para tokoh. Tak terkecuali dari sang anak, Emil Dardak. Ia menyampaikan permohonan maaf bagi ayahnya, Achmad Hermanto Dardak kepada masyarakat.

"Atas nama keluarga besar, saya memohon maaf apabila Hermanto Dardak semasa hidupnya memiliki kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja," ujar Wakil Gubernur Jawa Timur itu di Jakarta, Sabtu 20 Agustus 2022.

Antara melansir, Emil mendoakan agar segala amal dan ibadah ayahnya dapat diterima oleh Allah SWT.

Ucapan duka cita juga disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Turut berduka cita atas berpulangnya, Bapak Ir. A. Hermanto Dardak, ayahanda Bapak Emil Dardak Wakil Gubernur Jatim," kata Khofifah kepada Liputan6.com saat dikonfirmasi.

Dia pun mendoakan almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"Semoga amal ibadah, pengabdian, dan perjuangan beliau diterima oleh Allah SWT," tutur Khofifah.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga menyampaikan ungkapan duka cita atas berpulangnya Hermanto Dardak.

"Segenap pimpinan dan pegawai Kementerian PUPR menyampaikan turut berduka cita yang mendalam atas berpulangnya salah satu putra terbaik bangsa Indonesia yang berjasa besar dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia," kata Menteri Basuki.

Berikut sederet ucapan duka cita atas wafatnya ayah Emil Dardak, Achmad Hermanto Dardak meninggal dunia usai mengalami kecelakaan lalu lintas di Pekalongan dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Emil Dardak dan Istri

Emil Dardak bersama sang istri Arumi Bachsin saat pemakaman ayahnya di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.
Perbesar
Emil Dardak bersama sang istri Arumi Bachsin saat pemakaman ayahnya di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. (Instagram @khofifah.ip)

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyampaikan permohonan maaf bagi ayahnya, Achmad Hermanto Dardak, kepada masyarakat.

Hermanto Dardak yang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum itu meninggal dunia karena kecelakaan, Sabtu 20 Agustus 2022.

"Farewell my life long inspiration. Im so proud to have you as my father. This is your favorite song (My Way Frank Sinatra)," tulis Emil Dardak dikutip dari akun Instastory miliknya, Sabtu 20 Agustus 2022.

"Atas nama keluarga besar, saya memohon maaf apabila Hermanto Dardak semasa hidupnya memiliki kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja," sambung Emil Dardak.

Antara melansir, Emil mendoakan agar segala amal dan ibadah ayahnya dapat diterima oleh Allah SWT.

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang memanjatkan doa dan ucapan belasungkawa atas wafatnya sang ayah sehingga dapat membantu menguatkan keluarga besarnya dalam menghadapi suasana duka ini.

Menurut dia, Hermanto Dardak sepanjang hidupnya merupakan sosok yang tidak pernah berhenti untuk menyumbangkan pikiran dan tenaga dalam kapasitas apa pun agar bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara.

"Sampai benar-benar purna pada Januari kemarin, (beliau) itu pun masih diberikan tugas untuk mengawal IKN (Ibu Kota Negara di Kalimantan) dan perginya ke Semarang juga mengurus pembahasan IKN," ungkap suami Arumi Bachsin itu.

Sang istri, Arumi Bachsin juga mengabarkan kabar duka wafatnya sang ayah mertua lewat akun Instagram terverifikasinya, pada Sabtu pagi 20 Agustus 2022.

Mengunggah foto mertua terkasih, bintang film Putih Abu-abu dan Sepatu Kets menyebut mertuanya bukan pria biasa. Ia adalah sahabat sekaligus laki-laki yang hebat semasa hidup.

"A great and, father, husband, and friend. Achmad Hermanto Dardak," tulisnya bersama foto almarhum memakai setelan jas dan kacamata. Setelahnya, Arumi Bachsin minta doa.

"Mohon doa terbaik untuk ayahanda kami agar mendapatkan tempot terbaik di sisiNya. Amin YRA," Arumi Bachsin mengakhiri.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


2. AHY

Annisa Pohan dan AHY ikuti upacara di kediamannya (Instagram/agusyudhoyono)
Perbesar
Annisa Pohan dan AHY ikuti upacara di kediamannya (Instagram/agusyudhoyono)

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Hermanto Dardak, ayahanda dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Bapak Dr. Ir. A Hermanto Dardak," kata Koordinator Juru Bicara DPP Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, dalam keterangannya, Sabtu 20 Agustus 2022.

Herzaky menyebut, AHY mendoakan agar almarhum Hermanto Dardak mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah dan keluarga mendapatkan kekuatan.

"Diterima seluruh amal ibadahnya, dan diampunkan dosa-dosanya oleh Allah. AHY juga berharap dan mendoakan Emil Dardak beserta keluarga besar diberikan kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi ini," ungkapnya.

"Mobil jenazah saat ini dalam perjalanan menuju rumah duka di Jakarta. Diperkirakan tiba di rumah duka di Jl. Swakarsa V No. 28, Komp. Bina Marga II, Jakarta Timur pukul 13.00," kata dia.

Rencananya, AHY akan melakukan takziah ke rumah duka di Jakarta Timur.

"Ketua Umum Partai Demokrat AHY bakal menyambangi rumah duka untuk menyampaikan belasungkawa secara langsung sekitar pukul.12-13.00," tutup dia.

 


3. Gubernur Jawa Timur

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi Inspektur Upacara atau Irup saat pemakaman ayah Emil Dardak, Achmad Hermanto Dardak di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.
Perbesar
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi Inspektur Upacara atau Irup saat pemakaman ayah Emil Dardak, Achmad Hermanto Dardak di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. (Instagram @khofifah.ip)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya ayahanda Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, Hermanto Dardak yang meninggal dunia.

"Turut berduka cita atas berpulangnya, Bapak Ir. A. Hermanto Dardak, ayahanda Bapak Emil Dardak Wakil Gubernur Jatim," kata Khofifah kepada Liputan6.com saat dikonfirmasi.

Begitu pun ucapan duka diunggah Khofifah melalui akun Instagram miliknya.

"Atas nama pribadi, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan seluruh masyarakat Jawa Timur, saya menyampaikan duka cita sedalam-dalamnya atas wafatnya Bapak H. Achmad Hermanto Dardak, ayahanda Wakil Gubernur Jawa Timur, Bapak Emil Elestianto Dardak," ujar Khofifah dikutip dari Akun Instagramnya @khofifah.ip .

Khofifah mendoakan ayahanda Emil Dardak husnul khatimah dan diterima semua amal ibadahnya.

"Kepada keluarga Bapak Emil Elestianto Dardak yang ditinggalkan, diberi kesabaran, ketegaran dan ketabahan, serta senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Aamiin," ujarnya.

"Semua milik Allah, dan hanya kepada-Nya lah kita semua akan kembali. Lahul Fatihah," tutup Khofifah.

 


4. Gubernur DKI Jakarta

Kawasan Integrasi Transportasi Dukuh Atas
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersiap menandatangani prasasti peresmian kawasan integrasi transportasi Dukuh Atas, Selasa (30/4/2019). Kawasan Terintegrasi Dukuh Atas menghubungkan empat transportasi umum, yaitu Transjakarta, MRT, KRL, LRT dan Kereta Bandara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenang mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2009-2014 Achmad Hermanto Dardak sebagai sosok pekerja keras di sepanjang hidupnya untuk pembangunan Indonesia.

"Beliau adalah seorang insinyur pekerja keras yang bekerja sepanjang hidupnya untuk pembangunan di Indonesia," kata Anies kepada wartawan saat melayat ke rumah duka Hermanto Dardak di Jakarta, Sabtu 20 Agustus 2022.

Anies menyampaikan Hermanto Dardak yang merupakan ayah dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak itu memanfaatkan pendidikan yang diperolehnya untuk mengabdi kepada bangsa. Bahkan, meskipun telah pensiun sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum secara administratif, Hermanto tidak berhenti mengabdi untuk Indonesia.

"Beliau tidak pernah mengenal pensiun, walaupun secara administratif sudah pensiun. Pengabdiannya tidak berhenti, bahkan menjelang wafat pun pulang dari perjalanan itu untuk mengurus kegiatan yang berkaitan dengan rencana pembangunan Indonesia," kata Anies.

Oleh karena itu, Anies memandang banyak pihak yang merasa kehilangan atas wafatnya Hermanto Dardak. Dia juga menyebut Hermanto Dardak merupakan figur kepala keluarga yang baik dan berhasil mendidik anak-anaknya.

"Beliau pun adalah kepala keluarga yang baik dan berhasil mendidik anak-anaknya. Bahkan, salah satu anaknya yang memimpin di Jawa Timur (Wagub Emil Dardak)," kata Anies yang dilansir dari Antara.

Gambaran tersebut, tambah Anies, menandakan bahwa bangsa Indonesia patut meneladani sosok Hermanto Dardak.

"Kita doakan, insyaallah beliau kembali dalam keadaan husnul khotimah dan insyaallah ditinggikan derajatnya di sisi Allah SWT dan semua karya yang beliau torehkan nantinya menjadi catatan amal jariyah yang aliran pahalanya tidak terhingga," ucap Anies yang menyampaikan pula belasungkawa mendalam kepada keluarga Hermanto Dardak.

 


5. Gubernur Jawa Tengah

Ganjar Pranowo (Liputan6.com)
Perbesar
Ganjar Pranowo (Liputan6.com)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga ikut merasakan kehilangan Hermanto Dardak. Terlebih lagi, ia mengaku sudah cukup lama mengenal mendiang secara personal.

"Kami menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Pak Hermanto. Saya kenal beliau sejak Wamen dulu ya, dan kami sering berkomunikasi," ujar Ganjar Pranowo saat ditemui di acara Grand Launching Caritau.com di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu 20 Agustus 2022.

Ia mengenang sosok Hermanto Dardak semasa hidup dan bekerja sebagai ASN. Ganjar menyebut ayah mertua Arumi Bachsin itu seorang profesional dan religius.

"Beliau itu seorang yang profesional, ASN yang hebat, berkarier di PUPR sudah sangat lama. Ide-idenya juga brilian. Orangnya sangat teguh, religius lagi. Beberapa kali juga saya bertemu dan pernah main ke rumah saya juga," kenangnya.

"Jadi dia sosok yang menyenangkan, kebapakan," Ganjar Pranowo menyambung.

Usai menghadiri acara grand launching, Ganjar Pranowo akan menyempatkan untuk bertakziah ke rumah duka Hermanto Dardak di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur.

"Ya kalau memungkinkan waktunya kita akan ke sana (sekarang), mudah-mudahan sih," pungkas Ganjar.

 


6. Menteri BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara penerimaan surat tugas pemeriksaan BPK atas PMN terhadap beberapa perusahaan BUMN di periode 2020-2022. (Dok BUMN)
Perbesar
Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara penerimaan surat tugas pemeriksaan BPK atas PMN terhadap beberapa perusahaan BUMN di periode 2020-2022. (Dok BUMN)

Melalui akun Twitter terverifikasinya, Menteri BUMN Erick Thohir mendoakan Hermanto Dardak yang telah berpulang beroleh tempat mulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berduka cita sedalam-dalamnya atas kepergian ayahanda Mas Wagub @EmilDardak. Semoga husnul khatimah dan mendapat tempat yang mulia di sisi Allah Swt. Keluarga yang ditinggalkan senantiasa sabar dan ikhlas. Amin," ia mencuit.

Sejumlah netizen menyambut twit ini dengan doa untuk keluarga Emil Dardak dan Arumi Bachsin.

"Turut berduka cita, Tuhan berikan kekuatan untuk keluarga besar," akun @iche**** merespons.

 


7. Menteri PUPR

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan ungkapan duka cita atas berpulangnya Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) periode 2009-2014 Hermanto Dardak. (Dok Kementerian PUPR) 
Perbesar
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan ungkapan duka cita atas berpulangnya Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) periode 2009-2014Hermanto Dardak. (Dok Kementerian PUPR) 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan ungkapan duka cita atas berpulangnya Hermanto Dardak.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) periode 2009-2014 itu tutup usia di umur 65 tahun setelah mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Pemalang-Batang KM 341+400 B, Sabtu 20 Agustus 2022 pukul 03.25 WIB.

"Segenap pimpinan dan pegawai Kementerian PUPR menyampaikan turut berduka cita yang mendalam atas berpulangnya salah satu putra terbaik bangsa Indonesia yang berjasa besar dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia," kata Menteri Basuki.

Hermanto Dardak lahir di Trenggalek 9 Januari 1957. Beliau menamatkan pendidikan sarjana di Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1980.

Kemudian melanjutkan studi magister di The University of New South Wales pada 1985 dan studi doktoral di universitas yang sama pada 1990.

Basuki dan Hermanto Dardak sendiri memiliki kesamaan, yakni sama-sama memulai karirnya sebagai ahli infrastruktur di Kementerian PUPR. Setelah menamatkan pendidikan S1-nya, Hermanto Dardak bergabung di Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen PU pada 1982.

Hermanto kemudian dipercaya memegang sejumlah jabatan, di antaranya yakni Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri (1995-1998), Kepala Biro Perencanaan Sekretaris Jenderal (1998-1999), Kepala Pusat Kajian Kebijakan (2002-2003), Direktur Jenderal Penataan Ruang Departemen PU (2005-2007), Direktur Jenderal Bina Marga (2007-2009), Wakil Menteri Pekerjaan Umum (2009-2014), dan Kepala BPIW Kementerian PUPR (2015-2016).

"Setelah itu, Hermanto aktif mengabdi sebagai Widyaiswara Utama di Kementerian PUPR hingga saat ini," imbuh Menteri Basuki.

"Selamat jalan Bapak Hermanto Dardak, bakti dan teladanmu akan kami kenang dan jadikan semangat dalam bekerja demi membangun negeri," tutup Menteri Basuki.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya