Dukung Wisata Superprioritas, BNSP Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Mandalika

Oleh Delvira Hutabarat pada 20 Agu 2022, 06:49 WIB
Diperbarui 20 Agu 2022, 06:49 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Liputan6.com/Fiki Ariyanti)
Perbesar
Presiden Joko Widodo meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Liputan6.com/Fiki Ariyanti)

Liputan6.com, Jakarta Untuk mendukung destinasi wisata superprioritas yang terkena dampak pandemi Covid-19, Badan Nasional Sertifikasi Kompetensi (BNSP) melakukan sertifikasi bagi tenaga kerja di Mandalika, pada 19-21 Agustus 2022.

Anggota BNSP Bonardo Aldo Tobing dalam paparannya menyatakan, sertifikasi kompetensi yang diawaki oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSP) Rajawali Hospitaliti (RHN) adalah bagian upaya BNSP mendukung pengembangan Sumberdaya Manusia (SDM), khususnya di wilayah destinasi wisata super prioritas.

"BNSP terus mendukung pengembangan destinasi wisata super prioritas melalui sertifikasi kompetensi SDM bidang pariwisata di Lombok, NTB," kata Aldo pada wartawan, Jumat (19/8/2022$.

Aldo menambahkan, BNSP terus berupaya mendukung program Pemerintah dalam membangkitkan pariwisata paska pandemi covid-19. Demi mewujudkannya, ia menilai perlu adanya SDM bidang pariwisata yang kompeten dan memiliki bukti kompetensi.

"Untuk itu BNSP memprioritaskan pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja bagi SDM Pariwisata pada destinasi super prioritas salah satunya adalah Mandalika di Lombok dengan memberikan program dana subsidi BNSP melalui LSP Rajawali Hospitality Nusantara untuk mensertifikasi SDM bidang pariwisata," tutur Aldo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Karyawan dari Berbagai Hotel

Aldo menjelaskan sertifikasi kompetensi tersebut diikuti oleh 60 peserta dari berbagai hotel di Lombok. Ia berharap sertifikasi kompetensi SDM bidang Pariwisata dapat menambah kualitas pelayanan sesuai standar kompetensi.

"Dengan PSKK (Program Sertifikasi Kompetensi Kerja) ini maka kita bisa pastikan kualitas pelayanan sudah sesuai dengan standar kompetensi sehingga dapat menunjang kesuksesan pariwisata di Lombok dan sekitarnya," pungkas Aldo.

Sertifikasi kompetensi kali ini diikuti tenaga kerja dari enam hotel di Lombok dan sekitarnya, yaitu Truntum Hotel Boutique Mandalika, The Jayakarta Resort & Spa, Prime Park Hotel Lombok, Royal Avila Boutique Resort, Idoop Hotel, dan Merumata Senggigi. Sertifikasi kompetensi di Tempat Uji Kompetensi (TUK) Idoop Hotel pada 19 dan 20 Agustus 2022 di TUK Merumata Senggigi.

Motogp
Perbesar
Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya