Cuaca Besok Minggu 21 Agustus 2022, Waspada Jabodetabek Hujan Siang Hari

Oleh Devira Prastiwi pada 20 Agu 2022, 08:15 WIB
Diperbarui 20 Agu 2022, 08:15 WIB
Waspada Cuaca Ekstrem di Jakarta
Perbesar
Sejumlah warga berteduh saat hujan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Jumat (18/2/2022). BMKG mengungkapkan potensi curah hujan meningkat dan cuaca ekstrem sepanjang 17-23 Februari 2022. Sejumlah wilayah diminta waspada dampak yang terjadi dari cuaca buruk. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca besok pada akhir pekan, Minggu 21 Agustus 2022, langit pagi Jakarta diprakirakan cerah berawan dan berawan. Tetapi berbeda pada siang hari.

Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan turun di hampir seluruh Jakarta pada siang hari, kecuali waspada hujan petir di Jakarta Timur, dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada siang dan sore hari," papar peringatan dini BMKG.

Di wilayah penyangga Ibu Kota yaitu Bekasi, Depok, dan Kota Bogor, Jawa Barat, pagi hari diprediksi cuaca akan cerah berawan. Namun siang hingga malam hari diperkirakan hujan dengan intensitas sedang di ketiga wilayah tersebut.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu antara siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Purwakarta," tegas peringatan dini BMKG.

Senada, Kota Tangerang, Banten diprediksi cerah berawan pada pagi hari, namun siang turun hujan berintensitas ringan.

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Jakarta Barat  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan Tebal
 Jakarta Selatan   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Berawan
 Jakarta Timur   Cerah Berawan  Hujan Petir   Berawan
 Jakarta Utara   Berawan  Hujan Ringan  Berawan Tebal
 Kepulauan Seribu   Berawan  Berawan  Berawan
 Bekasi   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Sedang
 Depok   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Sedang
 Kota Bogor   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Sedang
 Tangerang  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


8 Daerah di Sulteng Berstatus Waspada Cuaca Buruk

Badai Tropis Meari Terjang Jepang
Perbesar
Seseorang berjalan di tengah hujan di depan sebuah stasiun di Shizuoka, sebelah barat Tokyo, Sabtu (13/8/2022). Badai Tropis Meari mengeluarkan hujan lebat di barat daya Jepang saat menuju ke utara menuju ibu kota Tokyo, menurut pejabat cuaca Jepang. (Kyodo News via AP)

Sebelumnya, delapan daerah di Sulawesi Tengah diminta mewaspadai cuaca buruk yang diperkirakan terjadi dalam 3 hari.

Peringatan itu dikeluarkan BMKG Stasiun Meteorologi Palu terkait prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di Sulawesi Tengah.

Delapan daerah berstatus waspada hujan lebat itu yakni Sigi, Tolitoli, Buol, Poso, Donggala, Banggai, Parigi Moutong, dan Tojo Una-una.

"Kondisi itu karena konvergensi udara di atas Sulawesi Tengah yang meningkatkan labilitas atmosfer yang berdampak pada makin aktifnya pertumbuhan awan-awan hujan di beberapa wilayah," Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Palu, Affan Nugraha Diharsya menjelaskan, Senin 15 Agustus 2022.

Kondisi yang diperkirakan terjadi dalam 3 hari sejak 15 Agustus itu, menurut BMKG, berpotensi memicu longsor dan guguran bebatuan dalam skala menengah terutama di daerah-daerah tebing dan gunung.

Selain itu, masyarakat juga diminta mewaspadai potensi peningkatan aliran sungai dan banjir yang dapat mengganggu aktivitas dalam skala menengah.

Pemerintah daerah setempat bersama pihak terkait lainnya juga diminta menjalin koordinasi untuk mengantisipasi potensi dampak tersebut. Terutama daerah-daerah yang kerap dilanda bencana banjir maupun longsor.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


4 Gejala Kanker Pankreas Kerap Diabaikan Karena Mirip Serangan Cuaca Panas

Cuaca Hangat di New York
Perbesar
Seorang wanita membaca buku di bawah sinar matahari pada hari yang hangat di New York City (7/6/2021). Cuaca yang hangat di New York dimanfaatkan warga untuk membaca buku hingga berjalan-jalan. (AFP/Angela Weiss)

Cuaca panas dapat membuat Anda merasa lesu dan lelah, tetapi ini juga bisa berarti bahwa beberapa gejala penyakit serius yang paling umum - seperti berkeringat dan pusing - dapat dengan mudah terlewatkan atau diabaikan.

Karena cuaca panas belakangan ini, American Cancer Society telah memperingatkan bahwa orang-orang mungkin melewatkan tanda-tanda peringatan ini untuk kanker pankreas.

Menghabiskan terlalu lama di bawah sinar matahari, tidak minum cukup air, dan terkena serangan panas semua dapat menyebabkan gejala yang sama sebagai bentuk penyakit yang disebut tumor neuroendokrin pankreas.

Ini adalah pertumbuhan kanker yang berkembang di sel neuroendokrin pankreas yang menghasilkan hormon penting seperti insulin dan melepaskannya ke dalam aliran darah.

Ketika tumor berkembang, sel-sel ini dapat mengembangkan insulinoma yang memompa insulin, menyebabkan hipoglikemia, atau gula darah rendah.

Gejala syok hipoglikemik mirip dengan heatstroke, yakni:

1. Kelemahan

2. Kebingungan

3. Berkeringat

4. Detak jantung yang cepat 

"Tumor ini membuat insulin, yang menurunkan kadar glukosa darah. Terlalu banyak insulin menyebabkan gula darah rendah, yang dapat menyebabkan gejala seperti kelemahan, kebingungan, berkeringat, dan detak jantung yang cepat," kata The American Cancer Society.

"Ketika gula darah menjadi sangat rendah, itu dapat menyebabkan seseorang pingsan atau bahkan koma dan mengalami kejang," sambungnya.Jepang Hadapi Cuaca Panas karena


Menyebabkan masalah kesehatan

Cuaca di Madrid dan sebagian besar Spanyol mulai mendingin
Perbesar
Orang-orang bersantai di sebuah taman di Madrid, Spanyol, Minggu (19/6/2022). Sebelumnya Spanyol dilanda gelombang panas yang bergerak ke utara melalui Eropa dengan suhu bisa mencapai di 43 derajat Celcius. (AP Photo/Paul White)

Tumor neuroendokrin ini dapat memicu produksi hormon lain yang berlebihan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan terkait lainnya.

Ketika salah satu dari hormon ini, yang disebut gastrin, memompa ke overdrive, itu dapat menyebabkan gastrinoma. Hal ini menyebabkan perut memproduksi terlalu banyak asam dan mengembangkan bisul.

Tumor ini juga dapat menyebabkan glukagonoma, di mana produksi glukagon yang berlebihan meningkatkan kadar gula darah tubuh dan sering menyebabkan diabetes.

Tanda-tanda kanker pankreas lainnya yang harus diwaspadai adalah penyakit kuning, penurunan berat badan dan urin yang lebih gelap. Jika Anda khawatir tentang gejala-gejala ini, Anda harus berbicara dengan dokter umum Anda.

Infografis Cuaca Ekstrem Ancam 17 Wilayah Indonesia
Perbesar
Infografis Cuaca Ekstrem Ancam 17 Wilayah Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya