Jurus Srikandi KIB Dorong Indonesia Bangkit Lebih Kuat

Oleh Liputan6.com pada 19 Agu 2022, 22:03 WIB
Diperbarui 19 Agu 2022, 22:03 WIB
3 Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Bersatu Sampaikan Keterangan Pers Bersama
Perbesar
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah), dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kiri) menyampaikan keterangan usai pendaftaran di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (10/8/2022). Pendaftaran bersama tiga partai KIB tak hanya membuktikan bahwa KIB solid, tetapi sekaligus mengungkap harapan publik terkait semangat persatuan yang terus dikedepankan oleh KIB. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Momen HUT ke-77 RI dimanfaatkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk mengonsolidasikan kekuatannya. Unsur perempuan atau Srikandi dari koalisi yang beranggotakan Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu berkumpul untuk bersilaturahmi sekaligus menggelar kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat.

Bertempat di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (18/7/2022), Srikandi KIB menyelenggarakan pelatihan bagi para perempuan pelaku usaha kecil atau industri rumahan di bidang kuliner. Acara itu menghadirkan ahli dan praktisi yang memberikan bimbingan teknis pembuatan roti dan pastri.

Menurut Ketua Umum Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Yanti Airlangga, kegiatan dalam rangka peringatan HUT ke-77 RI itu juga untuk mendorong tema Agustusan tahun ini, yakni 'Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat'.

"Bersama Srikandi KIB, ini (pelatihan) untuk kalangan perempuan, melibatkan masyarakat luas," ujar Yanti kepada wartawan.

Istri Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto itu menjelaskan, pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak pertengahan 2020 telah memukul berbagai sektor. Yanti menyebut pandemi juga berimbas pada usaha kecil-kecilan atau industri rumahan bidang kuliner.

Oleh karena itu, Yanti mengharapkan kegiatan itu membuat para Srikandi KIB kian saling mengenal. Ketua umum Yayasan Batik Indonesia (YBI) itu meyakini silaturahmi yang baik di antara Srikandi KIN akan membawa manfaat bagi masyarakat luas.

"Saya berharap acara ini dapat kembali memulihkan dan membangkitkan semangatkita bersama untuk mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan positif dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia," ujar Yanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


3 S Jadi Cita Cita KIB

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyampaikan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)  ingin mewujudkan cita-cita Indonesia Sejahtera dengan 3 S: Sehat Manusia, Sehat Ekonomi dan Sehat Bumi.

"Sehat Manusia artinya SDM unggul, punya kesehatan yang kuat, termasuk kita harus graduate atau lulus dari Covid-19, dan kita harus mempunyai sistem ketahanan, yang bila ada pandemi lain, kita siap menyelesaikannya," papar Airlangga saat menyampaikan visi-misi KIB di Surabaya, Minggu (14/8/2022).

"Sehat Ekonomi artinya ekonomi yang mensejahterakan rakyat dan inklusif, atau leaving no one left behind untuk kesejahteraan rakyat," imbuhnya.

Sehat Bumi, yang terkait dengan ekonomi sirkular, ramah lingkungan dalam situasi perubahan iklim saat ini.

"Berarti kita bicara sustainable, kita bicara green economy, kita bicara blue economy, dan juga kita bicara circular economy, " kata Airlangga.

"Hari ini kita diamankan dengan cuaca hujan, sehingga pertanian kita melimpah. Tetapi ke depan, kita belum tahu akibat climate change. Kita khawatir di negara-negara Eropa, sudah ada musim panas yang terlalu tinggi, produksi wheat (gandum) mereka  juga terganggu dengan beberapa lahan yang terbakar," papar dia.

Untuk mencapai cita-cita tersebut, diperlukan akselerasi transformasi ekonomi nasional, yang di KIB dirumuskan dalam program PATEN (Program Akselerasi Transformasi Ekonomi Nasional).

Karena kesempatan yang sudah makin sempit, tidak bisa lagi hanya bertindak bussines as usual (biasa-biasa saja).

Infografis 3 Bakal Capres Partai NasDem untuk Pilpres 2024
Perbesar
Infografis 3 Bakal Capres Partai NasDem untuk Pilpres 2024 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya