Capres 2024, PPP Harap KIB Usung Tokoh Internal dan Eksternal

Oleh Liputan6.com pada 19 Agu 2022, 17:43 WIB
Diperbarui 19 Agu 2022, 17:43 WIB
3 Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Bersatu Sampaikan Keterangan Pers Bersama
Perbesar
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah), dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kiri) menyampaikan keterangan usai pendaftaran di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (10/8/2022). Pendaftaran bersama tiga partai KIB tak hanya membuktikan bahwa KIB solid, tetapi sekaligus mengungkap harapan publik terkait semangat persatuan yang terus dikedepankan oleh KIB. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) belum memasang-masangkan calon presiden dan calon wakil presiden. Walaupun saat ini, Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno dilirik sebagai calon presiden potensial.

"Kita belum memasang-masangkan, itu baru aspirasi biasa saja namanya aspirasi boleh-boleh saja," ujar politikus yang akrab disapa Awiek, Jumat (19/8/2022).

Namun, usulan Sandiaga Uno sebagai calon presiden tentu akan masuk pembahasan para ketua umum KIB.

"Tetapi nanti kita harus bahas bersama anggota KIB untuk menentukan siapa calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung," jelas Awiek.

PPP sendiri mengaku belum punya usulan nama capres. Awiek berharap, KIB mengusung tokoh internal koalisi dipasangkan dengan tokoh eksternal.

"Ya belum ada tentu kalau PPP berharap nanti ada tokoh internal yang maju maksudnya internal KIB ya bisa dipasangkan dengan tokoh eksternal tapi itu baru harapan belum kita diskusikan dengan anggota KIB lainnya," ujar Awiek.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


KIB Terbuka Dukung Sandiaga Uno Jadi Capres 2024

Sandiaga Uno
Perbesar
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Liputan6.cm/Herman Zakharia)

Wakil Ketua MPR dan Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto menuturkan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terbuka untuk mengusung politikus Gerindra Sandiaga Uno sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

KIB membuka peluang tokoh partai maupun non partai untuk diusung sebagai calon presiden (capres) 2024.

"Kalau KIB semua terbuka, termasuk bang Sandi terbuka dong," ujar Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Bahkan Yandri berkelakar, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto juga bisa diusung oleh KIB. "Termasuk pak Prabowo juga terbuka. Ini biar rame aja," katanya sambil tertawa.

Kembali ke sosok Sandiaga, menurut Yandri, adalah tokoh yang potensial sebagai calon presiden. Usia masih muda dan pengalaman yang mumpuni.

"Bang Sandi menurut saya salah satu tokoh potensial untuk diusung di tahun 2024. Dari usia masih sangat energik dari sisi kemampuan juga sangat bagus pengalamannya juga mumpuni sekarang. Jadi kalau ada partai politik atau tokoh bangsa melirik dia sangat wajar," ujar Yandri.

Sementara Sandiaga juga berpeluang didorong PAN sebagai calon presiden KIB. Nama Sandiaga diusulkan oleh beberapa pengurus daerah PAN. Namun, semua tergantung keputusan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Sandi dari beberapa sebagian besar DPD juga ngusung bang Sandi. Kan pemilu raya Mei Juni kemarin banyak juga nama bang Sandi diusung oleh teman-teman," kata Yandri.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan terang-terangan menyatakan dukungan kepada politikus Gerindra Sandiaga Uno sebagai calon presiden. Hal itu bahkan disampaikan di hadapan Sandiaga Uno.

Momen itu terjadi ketika acara Indonesia Retail Summit 2022 dan Hari Belanja Diskon Indonesia di Sarinah, Thamrin, Jakarta, Senin 15 Agustus 2022.


KIB Gelar Konsolidasi, PAN Sebut Buka Peluang Undang Ganjar

Ganjar Pranowo (Liputan6.com)
Perbesar
Ganjar Pranowo (Liputan6.com)

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengatakan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan menggelar pertemuan kembali untuk melakukan konsolidasi internal menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Dalam hajatan itu KIB membuka pelung mengundang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Menurut Yandri, setelah dilakukan di Surabaya pada pekan lalu, konsolidasi berikutnya diadakan di Semarang Jawa Tengah pada Oktober mendatang.

"Nanti Insyaallah nanti di Semarang itu PPP tuan rumahnya," ujar Yandri Susanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Adapun KIB ini terdiri dari gabungan tiga partai politik, diantaranya Golkar, PAN dan PPP. Tiga partai itu sepakat membangun koalisi untuk menghadapi Pemilu dan Pilpres 2024 mendatang.

Agenda konsolidasi ini untuk pematangan visi misi sekaligus menetapkan langkah taktis menghadapi Pemilu 2024. Termasuk membahas jadwal dan mekanisme terkait penentuan calon presiden dan calon wakil presiden.

"Itu tetap pematangan masih pematangan visi misi dan mungkin sudah apanya menetapkan langkah-langkah taktis berikutnya karena kan sudah akan memasuki tahun 2023," ujar Yandri.

"Ya mungkin pasti akan diumumkan capres-cwapres dan mesti ada jadwal dan mekanisme berikut tadi bagaimana, mencocokkan perbedaan-perbedaan bagaimana, mesti dibicarakan," jelasnya.

Yandri berharap dalam pertemuan di Semarang, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diundang. Apalagi Ganjar juga salah satu nama yang diusulkan oleh pengurus daerah. Namun, semua tergantung PPP yang menjadi penyelenggara acara.

"Pak Ganjar kan salah satu yang banyak didukung oleh PAN kan. Ya kalau saya sih setuju diundang," jelasnya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Infografis 24 Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024 Lolos ke Tahap Verifikasi Administrasi
Perbesar
Infografis 24 Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024 Lolos ke Tahap Verifikasi Administrasi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya