Sukses

Top 3 News: Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani dari Buton saat Upacara HUT ke-77 RI

Presiden Jokowi memakai baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Rabu 17 Agustus 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait baju adat yang dipilih Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Rabu 17 Agustus 2022.

Pada tahun ini, Presiden Jokowi memakai baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara. Dia pun bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-77 RI di Istana Merdeka Jakarta.

Adapun baju adat Dolomani yang dipakai Jokowi didominasi warna merah dan putih. Bagian dalam baju bewarna putih, sedangkan luarnya warna merah.

Kemudian, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka Tim Pancasila Tangguh bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta.

Pada 2022, pembawa bendera Merah Putih adalah I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah.

Diketahui saat ini, Dewa Ayu menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Kudus. Siga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera yakni, Rafly Tri Aditama sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka juga dimeriahkan dengan penampilan Farel Prayoga yang menyanyikan lagu campursari dengan judul 'Ojo Dibandingke'.

Sintak, suasana upacara HUT ke-77 RI yang tadinya khidmat pun berubah menjadi meriah. Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi dan Ibu Negara Iriana sangat menikmati penampilan Farel Prayoga. Bahkan, Iriana berjoget kala Farel menyanyikan lagu 'Ojo Dibandingke'.

Bukan hanya Jokowi, sejumlah menteri, kepala lembaga negara, selebritis, hingga tamu undangan yang hadir di Istana juga ikut menikmati sampai ikut berjoget.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 17 Agustus 2022:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Upacara HUT ke-77 RI, Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani dari Buton

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memakai baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Rabu 17 Agustus 2022.

Presiden Jokowi akan bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-77 RI di Istana Merdeka Jakarta.

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 17 Agustus 2022.

Adapun baju adat Dolomani yang dipakai Jokowi didominasi warna merah dan putih. Bagian dalam baju bewarna putih, sedangkan luarnya warna merah.

 

Selengkapnya...

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

2. I Dewa Ayu, Paskibraka Pembawa Baki Bendera Pusaka di Istana Merdeka

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka Tim Pancasila Tangguh bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta, Rabu 17 Agustus 2022.

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Saat ini, Dewa Ayu menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Kudus.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera yakni, Rafly Tri Aditama sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah.

Kemudian, Mario Adhiyaksa Sihombing sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sumatra Utara. Lalu, Bramantya Rizky Wiratama sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S. Sos, didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Iriana dan Para Menteri Berjoget saat Farel Prayoga Nyanyi Lagu 'Ojo Dibandingke'

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Rabu 17 Agustus 2022, dimeriahkan dengan penampilan Farel Prayoga yang menyanyikan lagu campursari dengan judul 'Ojo Dibandingke'.

Suasana upacara HUT ke-77 RI yang tadinya khidmat pun berubah menjadi meriah.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi dan Ibu Negara Iriana sangat menikmati penampilan Farel Prayoga. Bahkan, Iriana berjoget kala Farel menyanyikan lagu 'Ojo Dibandingke'.

Bukan hanya Jokowi, sejumlah menteri, kepala lembaga negara, selebritis, hingga tamu undangan yang hadir di Istana juga ikut menikmati sampai ikut berjoget.

Mulai dari, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga aktor Reza Rahardian.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.