Sukses

Rumah Memorabilia BPJS Kesehatan: Kisah Sejarah Jaminan Kesehatan Nasional

Negara selalu hadir guna memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang jaminan pembiayaan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Negara selalu hadir guna memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang jaminan pembiayaan kesehatan. Melalui BPJS Kesehatan, negara terus menciptakan kepastian untuk mewujudkan cita-cita negara dalam mewujudkan penyelenggaraan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dalam upaya mewujudkan cita-cita itu, berbagai dinamika dan tantangan terus dihadapi. Tapi, dengan keinginan yang kuat dan didukung oleh upaya semua pihak, hingga saat ini program jaminan kesehatan nasional berjalan dengan baik dan manfaatnya bisa terasa oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Peran Menkes periode awal, Prof G.A. Siwabessy dalam menghadirkan jaminan kesehatan semesta, menjadi tonggak penting bagi terselenggaranya Jaminan Kesehatan Nasional. Meskipun terdapat tantangan dalam menciptakan sistem jaminan kesehatan semesta, dengan kegigihan dan tanggung jawab serta dukungan dari berbagai pihak, saat ini telah berhasil mewujudkan sistem jaminan kesehatan yang saat ini dikenal dengan Program JKN,” ungkap Ghufron pada kegiatan Launching Rumah Memorabilia dan Webinar Kiprah Prof. DR. G.A. Siwabessy Dalam Merintis Jaminan Kesehatan Semesta, Rabu (17/08).

Dirinya mengatakan, upaya untuk menjawab dan memenuhi kebutuhan peserta dalam mengakses pelayanan kesehatan telah dilakukan dengan berbagai upaya. Berbagai pengembangan dan perbaikan juga terus dilakukan, baik dari sektor kepesertaan, pembiayaan hingga pelayanan di fasilitas kesehatan.

Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum BPJS Kesehatan, Andi Afdal menyebut, berdirinya Rumah Memorabilia juga sebagai etalase sejarah yang diharapkan dapat membangun awareness Duta BPJS Kesehatan dan masyarakat umum terhadap pentingnya penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional.

Hal ini dilakukan sebagai upaya melestarikan dan mendokumentasikan sejarah perjuangan dalam melaksanakan program jaminan kesehatan dalam memberikan pembangunan kesehatan.

“Di usia BPJS Kesehatan yang sudah memasuki 54 tahun, telah banyak goresan sejarah yang dimulai dari era BPDPK hingga BPJS Kesehatan. Sudah saatnya kita merangkum sejarah tersebut dalam sebuah wadah yang tepat untuk generasi di masa yang akan datang. Harapannya, dengan hadirnya Rumah Memorabilia ini bisa mengenang perjuangan para pendahulu dan bisa meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia,” tambah Afdal.

Sementara itu, putra G. A. Siwabessy, Barra Lasjkar Siwabessy mengatakan bahwa keteladanan yang ditunjukkan oleh G. A. Siwabessy dalam menghadirkan sistem jaminan sosial kesehatan tak terlepas dari sikap adaptasi terhadap tuntutan yang mutlak.

"Dengan sikap disiplin yang tinggi dan bisa menerima peluang yang baru serta rasa ingin terus belajar, akhirnya G.A. Siwabessy sukses menghadirkan sistem jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia," jelasnya.

"Salah satu cikal bakal G.A. Siwabessy menghadirkan sistem jaminan kesehatan semesta di Indonesia adalah bahwa dirinya ingin masyarakat Indonesia mendapatkan jaminan kesehatan. Hal tersebut didapatkannya saat G.A. Siwabessy sedang melakukan studi di Inggris," tambah Barra.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dinamika Beragam

 

Sementara itu, Direktur Utama PT. Askes (Persero) periode 2008-2013, I Gede Subawa mengakui bahwa terdapat dinamika yang beragam sejak diimplementasikannya sistem jaminan kesehatan, salah satunya yaitu sistem pembiayaan yang berdampak kepada pelayanan di fasilitas kesehatan.

Namun, dengan fokus terhadap pelayanan dan kepuasan terhadap peserta, pihaknya terus melakukan pengembangan secara professional dan diharapkan bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta dan mitra kerja.

“Untuk itu, pada periode PT. Askes (Persero), kami terus berupaya untuk melakukan pendekatan dan meyakinkan pemerintah serta seluruh masyarakat Indonesia bahwa sistem jaminan kesehatan semesta layak untuk terus dijalankan dan bisa melanjutkan tongkat estafet dari tujuan mulia G.A. Siwabessy dalam memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia,” jelas Gede.

Di akhir kegiatan, dirinya mengapresiasi upaya yang dilakukan manajemen BPJS Kesehatan yang telah mendirikan Rumah Memorabilia Penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional dirangkaikan dengan momentum bersejarah peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Dengan kehadirannya tersebut, dirinya berharap bisa memberikan pemahaman, mengenalkan sejarah dan bisa menjadi bahan pembelajaran bagi seluruh Duta BPJS Kesehatan dan masyarakat umum terhadap perjalanan sistem jaminan sosial kesehatan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.