Soal 4 Nama Kader Kebanggaan PDIP, Hasto: Nanti Megawati yang Putuskan

Oleh Liputan6.com pada 17 Agu 2022, 15:50 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 15:50 WIB
5 Perintah Megawati ke Kader PDIP Jelang Pencoblosan
Perbesar
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto memberi keterangan terkait Pemilu 2019 saat jumpa pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (16/4). Kelima, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memerintahkan jajarannya memenangkan pilpres dan pileg sebagai satu tarikan napas perjuangan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melalui Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto, menyebut empat nama kader kebanggaan partai banteng. Tokoh-tokoh tersebut berpotensi menjadi calon presiden (capres) 2024.

Empat nama itu adalah Ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Hasto menuturkan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang akan memutuskan siapa yang akan diusung menjadi calon presiden dan calon wakil presiden.

"Nantinya bu Mega yang akan memutuskan," kata Hasto ditemui di perayaan HUT ke-77 RI di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Rabu (17/8).

Selain itu, menurut Hasto, PDIP tidak kehabisan kader. Kata dia, PDIP tidak hanya punya empat nama kader itu yang dipersiapkan sebagai calon presiden.

"PDIP punya begitu banyak stok pemimpin yang telah dipersiapkan di sekolah partai ini bukan hanya 4 bukan hanya 20 bukan hanya 100 ya kita punya ribuan yang telah dipersiapkan," ujarnya.

"Kami punya 3232 anggota DPRD kabupaten/kota yang kini bergerak ke atas. Kami punya lebih dari 128 anggota DPR RI yang semuanya juga bergerak ke atas di dalam atas konteks peningkatan konteks kepemimpinan," jelas Hasto.

PDIP juga punya kekuatan besar di daerah. 54 persen lebih kepala daerah diusung oleh partai berlogo banteng. Para kepala daerah ini ditugaskan untuk terus meningkatkan kerjanya.

"Tetapi semuanya tetap mengakar pada kehendak rakyat itu dengan demikian kami tidak kekurangan stok pemimpin yang telah dipersiapkan oleh partai," pungkas Hasto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Capres PDIP Digembleng Megawati

megawati
Perbesar
Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menanggapi deklarasi koalisi Gerindra-PKB. Untuk urusan Pilpres 2024, PDIP tidak ingin terburu-buru.

Hasto mengatakan, calon presiden masih dipersiapkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Presiden Kelima RI ini melakukan penggemblengan terhadap capres partai berlogo banteng.

"Untuk Pilpres, semua baru digembleng oleh Ibu Megawati. Kan (pendaftaran capres) masih Agustus tahun depan,” ujar Hasto dalam keterangannya, Minggu 14 Agustus 2022.

Hasto pun mengungkap nama calon pemimpin PDIP yang punya potensi sebagai calon presiden (Capres). Ia mencontohkan di Medan ada Wali Kota Medan Bobby Nasution.

"Kader PDI Perjuangan banyak. Ada Mas Bobby di Kota Medan, Pak Rapidin (Ketua DPD PDI-P Sumut) juga kader hebat membawa kemajuan daerah," kata Hasto.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Infografis Mengintip Survei Bursa Capres 2024
Perbesar
Infografis Mengintip Survei Bursa Capres 2024 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya