Bendera Merah Putih Berkibar di Istana Merdeka, Jokowi Tepuk Tangan

Oleh Lizsa Egeham pada 17 Agu 2022, 10:41 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 10:41 WIB
Iriana Jokowi Dampingi Presiden Pimpin Upacara HUT RI ke-77 dengan Mengenalkan Sandal Heels Hermes
Perbesar
Ibu Iriana Jokowi mendampingi Presiden Jokowi di upacara HUT RI ke-77 dengan mengenakan sandal dari Hermes (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamsi Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton Sulawesi Tenggara.

Berdasarkan pantauan, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana didampingi Wapres Ma'ruf Amin tiba di lokasi upacara sekitar pukul 09.57 WIB. Upacara dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamsi oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa pahlawan yang dipimpin Jokowi. Lalu, Menteri Agama membacakan doa.

Selanjutnya, para pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) memasuki lapangan upacara untuk melakukan tugasnya. Adapun yang bertugas mengibarkan bendera adalah Tim Pancasila Tangguh.

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Saat ini, Dewa Ayu menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Kudus.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera yakni, Rafly Tri Aditama sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah.

Kemudian, Mario Adhiyaksa Sihombing sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sumatra Utara. Lalu, Bramantya Rizky Wiratama sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Pada pukul 10.32 WIB, Tim Pancasila Tangguh berhasil menyelesaikan tugasnya. Bendera merah putih berkibar di halaman Istana Merdeka.

Jokowi dan para tamu undangan pun memberikan tepuk tangan kepada para Paskibraka yang berhasil mengibarkan bendera merah putih. Acara pun dilanjutkan dengan pertunjukan flypast pesawat tempur dan helikopter TNI AU yang melintas di Istana Merdeka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Antusiasme Warga Ikuti Upacara HUT ke-77 RI di Istana, Ramai-Ramai Pakai Baju Adat

Momen Peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka
Perbesar
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bersiap mengibarkan Bendera Merah Putih saat saat upacara peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (Foto:Muchlis Jr-Biro Pres Sekretariat Presiden)

Upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia akan digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Sejumlah masyarakat pun tampak antusias mengikuti upacara HUT ke-77 RI.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, masyarakat sudah mulai berdatangan ke Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta sejak pukul 08.00 WIB. Mereka datang dengan memakai baju adat dari sejumlah daerah di Indonesia.

Tampak para warga datang dengan memakai baju adat dari Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan. Bahkan, salah satu warga yang antusias sampai rela menyewa baju adat demi menghadiri Upacara HUT ke-77 RI di Istana.

"Senang sekali bisa datang upacara di Istana. Ini saya pakai baju adat Sumatera Utara menyewa kemarin," kata salah satu warga bernama Muhammad Yaqub dari Jakarta Timur.

Hal yang sama juga disampaikan warga Bogor bernama Almira sangat senang bisa mengikuti upacara di Istana. Pasalnya, ini kali pertamanya Almira datang langsung ke Istana untuk ikut Upacara HUT ke-77 RI.

"Seneng sekali, ini pertama kalinya saya ikut," ucap dia.

Sebelumnya, pihak Istana menyelenggarakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 secara terbuka, dengan mengundang masyarakat dengan jumlah terbatas.

Ini kali pertamanya pihak Istana mengundang masyarakat secara terbuka sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia pada 2020 lalu

Sebanyak 2.000 masyarakat diundang untuk menghadiri langsung Upacara HUT ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 di Istana Merdeka Jakarta. Pihak Istana menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Memang betul bahwa tahun ini masyarakat akan kita ikut sertakan secara fisik langusng. Namun, juga kami menerapkan treatment kesehatan yang sangat ketat," ujar Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam konferensi pers Sekretariat Presiden, Senin (1/8/2022).

Dia menyampaikan masyarakat yang menghadiri langsung upacara HUT ke-77 RI di Istana harus sudah menerima vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster. Selain itu, masyarakat wajib melakukan tes swab antigen.

Pihak Istana juga akan menyiapkan barcode di sejumlah pintu-pintu masuk. Masyarakat harus melakukan scan barcode sebelum masuk ke lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya