HUT ke-77 RI, KPK Ingatkan Pemberantasan Korupsi Jembatan Kesejahteraan

Oleh Nanda Perdana Putra pada 17 Agu 2022, 10:05 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 10:05 WIB
Ilustrasi KPK. (Liputan6.com/Fachrur Rozie)
Perbesar
Ilustrasi KPK. (Liputan6.com/Fachrur Rozie)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia atau HUT ke-77 RI.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron yang bertugas sebagai pembina upacara pun mengangkat semangat penberantasan korupsi di Hari Kemerdekaan.

"Mari kita resapi peringatan kemerdekaan ini dengan rasa syukur. Kemerdekaan yang diperjuangkan oleh segenap bangsa Indonesia harus dijadikan visi untuk menuju Indonesia yang maju dan berjaya," tutur Ghufron di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (17/8/2022).

Ghufron menyebut, untuk mencapai cita-cita Indonesia maju sangatlah diperlukan persatuan dalam keanekaragaman banyak pihak, untuk saling menjaga dan menguatkan satu sama lain demi menuju masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.

"KPK diamanatkan sebagai motor penggerak pemberantasan korupsi, sebagai bagian untuk menuju jembatan emas masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan tersebut. Oleh karenanya, Insan KPK dalam mengemban amanah tugas pemberanatsan korupsi harus meresapi empat hal penting," jelas dia.

Adapun yang pertama, pemberantasan korupsi merupakan jembatan emas menuju keadilan dan kesejahteraan yang wajib dijadikan visi seluruh Insan KPK. Kedua, walaupun memiliki latar belakang beragam, tetapi kebersamaan dan persatuan akan membuat KPK semakin kuat dalam memberantas korupsi.

Ketiga, pemberantasan korupsi harus terus dikolaborasikan dengan seluruh elemen bangsa. Kemudian kempat, pemerintahan yang bebas dari korupsi adalah conditio sine qua non atau prasyarat mutlak untuk menggapai cita-cita menjadi sebuah negara yang adil, makmur, dan sejahtera seperti dicita-citakan para pendiri bangsa.

"Harapannya peringatan HUT RI 77 ini menguatkan kita insan KPK untuk menjadi bagian dari solusi bagi permasalahan dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia. Dirgahayu Republik Indonesia. Merdeka, merdeka, merdeka," Ghufron menandaskan.

Upacara peringatan HUT Ke-77 RI KPK dilaksanakan dengan memgikuti adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi Covid-19. Sebanyak 400 pegawai yang mewakili kedeputian masing-masing melaksanakan upacara secara langsung di halaman depan Gedung Merah Putih KPK, sementara lainnya mengikuti di ruang kerjanya masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani

Presiden Jokowi memakai baju adat dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara saat Upacara HUT ke-77 RI
Perbesar
Presiden Jokowi memakai baju adat dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara saat Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu 17 Agustus 2022. (Merdeka.com)

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memakai baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Rabu (17/8/2022).

Presiden Jokowi akan bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-77 RI di Istana Merdeka Jakarta.

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

Adapun baju adat Dolomani yang dipakai Jokowi didominasi warna merah dan putih. Bagian dalam baju bewarna putih, sedangkan luarnya warna merah.

Jokowi juga memakai peci bewarna merah. Selain itu, penampilan Jokowi dilengkapi dengan kain di bagian bawahnya.

Rangkaian upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat ini akan dimulai pada pukul 09.40 WIB.

Prosesi upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI ini akan dimulai dengan peniupan terompet pertama dan akan dilanjutkan dengan peniupan terompet terompet kedua empat menit kemudian. 


Rangkaian Upacara HUT ke-77 RI di Istana

Momen Peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka
Perbesar
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) membawa Bendera Merah Putih saat upacara peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (Foto:Muchlis Jr-Biro Pres Sekretariat Presiden)

Adapun Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta Ibu Negara Iriana dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Ibu Wurry diagendakan memasuki lokasi upacara pada pukul 09.56 WIB.

Pada pukul 10.00, peringatan detik-detik proklamasi yang ditandai dengan tembakan meriam 17 kali, sirine, beduk di masjid-masjid serta lonceng di gereja-gereja akan dibunyikan selama 1 menit. Kemudian dilanjutkan pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Sementara itu, upacara pengibaran bendera merah putih akan dimulai pada pukul 10.11 WIB. Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) dijadwalkan memasuki lapangan upacara.

Pukul 10.21 WIB akan dilakukan pengibaran bendera sang merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, penghormatan dipimpin Komandan Upacara.

Acara akan dilanjutkan dengan pertunjukan flypast pesawat tempur dan helikopter TNI AU. Setelah itu, prosesi upacara dilanjutkan dengan persembahan lagu-lagu oleh Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara.

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan meninggalkan tempat upacara tepat pukul 11.00 WIB.  

Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya