Sukses

Kereta Kencana Ki Jaga Rasa Bawa Sang Saka Merah Putih Menuju Istana

Kereta Kencana Ki Jaga Rasa membawa Sang Saka Merah Putih dari Monas ke Istana Merdeka Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Kereta Kencana Ki Jaga Rasa membawa Sang Saka Merah Putih dari Monas ke Istana Merdeka Jakarta. Hal ini adalah bagin dari Kirab Bendera Pusaka yang nantinya akan dikibarkan saat upacara HUT Kemerdekaan ke-77 RI yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kirab Bendera Pusaka kali ini pun melibatkan mantan Paskibraka Nasional tahun lalu. Pada pelaksanaan upacara pengibaran pagi hari ini, yang bertugas adalah Irene Odelia Astono dan Qyara Maharani Putri.

Pada Kirab Bendera Pusaka tahun ini, giliran Irene Odelia Astono yang dipercaya sebagai Pembawa Baki Bendera Merah Putih dari Monas ke Istana Negara.

Sementara Qyara, dipercaya sebagai pembawa teks proklamasi. Irene dan Qyara akan dibawa menggunakan kereta kencana.

Pantauan darin pukul 08.30 WIB di Kawasan Monas, kirab diramaikan oleh marching band dari taruna Akademi Kepolisian dan Akademi Militer dari tiga matra TNI. Tidak hanya itu, parade baju adat juga ditampilkan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang ikut dalam barisan kirab tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upacara HUT ke-77 RI, Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani dari Buton

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memakai baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Rabu (17/8/2022).

Presiden Jokowi akan bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-77 RI di Istana Merdeka Jakarta.

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

Adapun baju adat Dolomani yang dipakai Jokowi didominasi warna merah dan putih. Bagian dalam baju bewarna putih, sedangkan luarnya warna merah.

Jokowi juga memakai peci bewarna merah. Selain itu, penampilan Jokowi dilengkapi dengan kain di bagian bawahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.