HUT Kemerdekaan ke-77 RI, Jalanan di Kompleks Istana Jakarta Steril

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 17 Agu 2022, 08:47 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 08:47 WIB
20150817-Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT RI ke-70 di Istana -Jakarta
Perbesar
Suasana pengibaran bendera bendera Merah Putih dalam rangka Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Republik Indonesia memasuki hari kemerdekaannya yang ke-77. Upacara memperingati HUT ke-77 RI itu akan langsung dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang digelar di Istana Merdeka Jakarta. Imbasnya, jalanan di sekitar kompleks Istana Merdeka akan disterilkan sementara sepanjang hari ini.

"Tanggal 17 Agustus di sekitaran Istana, kita akan menutup beberapa ruas jalan karena memang tempat lingkungan Istana sampai Monas akan untuk perayaan HUT," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, seperti dikutip Rabu (17/8/2022).

Latif menjelaskan, sterilisasi jalan di sekitaran Kompleks Istana Merdeka dilakukan di sejumlah titik, seperti di kawasan Patung Kuda Indosat hingga Harmoni dan kawasan Gambir. Nantinya, sterilisasi jalan di sekitar Istana ini akan dilakukan hingga sore nanti saat giat upacara penurunan bendera.

"Selesainya (sterilisasi) setelah pelaksanaan upacara sampai penutupan (penurunan) bendera sampai sampai sore," jelas Latif.

Momen Kemerdekaan di Kompleks Istana tidak sekedar melakukan upacara kenaikan dan penurunan bendera saja, namun Istana juga melakukan Kirab Bendera Pusaka dari Monumen Nasional ke Halaman Istana Merdeka pukul 08.00 WIB dari Silang Monas.

Nantinya, puncak peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pukul 10.00 WIB di halaman Istana Merdeka. Kemudian, upacara penurunan bendera Sang Merah Putih rencananya akan dilakukan pukul 17.00 WIB di halaman Istana Merdeka Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka Dimulai Pukul 09.40 WIB

Presiden Jokowi memakai baju adat dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara saat Upacara HUT ke-77 RI
Perbesar
Presiden Jokowi memakai baju adat dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara saat Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu 17 Agustus 2022. (Merdeka.com)

Rangkaian upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat akan dimulai pada Rabu (17/8/2022), pukul 09.40 WIB.

Prosesi upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI ini akan dimulai dengan peniupan terompet pertama dan akan dilanjutkan dengan peniupan terompet terompet kedua empat menit kemudian.

Adapun Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta Ibu Negara Iriana dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Ibu Wurry diagendakan memasuki lokasi upacara pada pukul 09.56 WIB.

Pada pukul 10.00, peringatan detik-detik proklamasi yang ditandai dengan tembakan meriam 17 kali, sirine, beduk di masjid-masjid serta lonceng di gereja-gereja akan dibunyikan selama 1 menit. Kemudian dilanjutkan pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Sementara itu, upacara pengibaran bendera merah putih akan dimulai pada pukul 10.11 WIB. Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) dijadwalkan memasuki lapangan upacara.

Pukul 10.21 WIB akan dilakukan pengibaran bendera sang merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, penghormatan dipimpin Komandan Upacara.

Acara akan dilanjutkan dengan pertunjukan flypast pesawat tempur dan helikopter TNI AU. Setelah itu, prosesi upacara dilanjutkan dengan persembahan lagu-lagu oleh Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara.

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan meninggalkan tempat upacara tepat pukul 11.00 WIB.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya