Sukses

PDIP Gelar Upacara HUT ke-77 RI, Sekjen Akan Bacakan Amanat Megawati

PDIP menggelar upacara peringatan perayaan HUT ke-77 RI di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Liputan6.com, Jakarta PDIP menggelar upacara peringatan perayaan HUT ke-77 RI di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto akan membacakan pidato politik HUT Kemerdekaan RI dan menyampaikan amanat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Akan ada sejumlah amanat dan pesan Ibu Megawati khususnya kepada para kader PDI Perjuangan," ujar Hasto.

PDIP juga akan menggelar berbagai perlombaan khas 17 Agustus yang melibatkan internal partai dan masyarakat sekitar.

"Setelah beberapa tahun karena pandemi Covid dimana agenda 17an dibatasi, untuk tahun ini, PDI Perjuangan mengajak warga sekitar untuk kembali ikut meramaikan ulang tahun ke-77 Republik Indonesia," ujar Hasto.

Hasto pun menceritakan saat lomba 17an yang diselenggarakan PDIP, dirinya beberapa kali mengikuti perlombaan.

"Saya pernah ikut antara lain lomba makan kerupuk, lomba egrang, lomba balap sarung dan balap karung. Semua momen itu terjadi tahun-tahun sebelum pandemi," papar Hasto.

Untuk tahun ini, Hasto belum memutuskan apakah hari ini dirinya akan ikut perlombaan.

"Kami berharap dengan seluruh rangkaian kegiatan HUT ke-77 Republik Indonesia, akan semakin menebalkan semangat nasionalisme di tengah masyarakat di seluruh penjuru Nusantara. Dan semoga kita bisa bangkit bersama setelah pandemi Covid," ujar Hasto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelar Kirab Budaya

Sebelum upacara dimulai, PDIP menggelar kirab kebudayaan. Para peserta kirab berjalan menuju Sekolah Partai dengan rangkaian Marching Band, Penari Bali dan perwakilan Badan dan Sayap DPP Partai.

"Unsur budaya selalu menjadi bagian dari seremoni yang dilaksanakan Partai. Itu juga sebagai satu perwujudan spirit Trisakti, berkepribadian dalam kebudayaan" ujar Kepala Sekretariat PDI Perjuangan Yoseph Aryo Adhi Dharmo.

Kirab digelar sejak pukul 07.00 WIB. Peserta terlihat meriah dengan nuansa merah putih dan hitam. Diiringan keeleganan para penari Bali. Peserta kirab berjalan hampir 300 meter sambil mengibarkan bendera merah putih.

Adhi yang ikut kirab menyebutkan saat peserta kirab tiba dilanjutkan dengan upacara bendera di halaman Sekolah Partai yang akan dipimpin oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

"Sejumlah unsur pimpinan DPP PDI Perjuangan bersama Sekretariat Partai dan pengurus Partai wilayah Jakarta Selatan ikut bagian dalam upacara," jelas Adhi.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.