Sukses

Persiapan Upacara HUT ke-77 RI, Kawasan Istana Steril Mulai Malam Ini

Polda Metro Jaya mempersiapkan skenario pengaturan arus lalu lintas pada saat upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mempersiapkan skenario pengaturan arus lalu lintas pada saat upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (HUT ke-77 RI) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 17 Agustus 2022. 

"Kami sampaikan tanggal 17 Agustus 2022 besok khususnya di sekitaran Istana, kita akan menutup beberapa ruas jalan karena memang tempat lingkungan Istana sampai Monas akan ditutup untuk perayaan HUT RI," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman di kawasan Gedung DPR/MPR, Selasa (16/8/2022).

Latif menerangkan, ruas jalan yang ditutup adalah kawasan di Patung Kuda, Harmoni, dan Gambir. Dia menyampaikan, sterilisasi kawasan Istana dimulai pada pukul 21.00 WIB

"Sekitar jam 21.00 WIB nanti malam sudah kita lakukan sterilisasi. Sehingga lingkungan istana betul-betul steril dari lalu lintas," ujar dia.

Latif menyiapkan 500 personel lalu lintas untuk membantu mengatur aktivitas masyarakat selama upacara HUT ke-77 RI yang berlangsung di Istana Merdeka.

"Di sana akan kita lakukan rekayasa lalu lintas. Besok hari libur mudah-mudahan arus tidak terlalu padat ini yang menguntungkan kita. Masyarakat juga akan merakayakan Hari Kemerdekaan di tempat masing-masing," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapan Kirab Bendera, Kawasan Monas Ditutup Hari Ini Selasa 16 Agustus 2022

Kepala Unit Pengelola Kawasan Monumen Nasional Muhammad Isa Sarnuri menyatakan, Monas ditutup hari ini, Selasa (16/8/2022).

Dia menjelaskan penutupan dilakukan untuk sterilisasi kawasan Monas jelang upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77.

"Sterilisasi kawasan aja, persiapan untuk kegiatan kirab bendera," kata Isa kepada wartawan, Senin 15 Agustus 2022.

Isa menjelaskan, sejauh ini pihak Monas masih menunggu informasi terkait gladi untuk memperingati HUT RI yang berlangsung 17 Agustus 2022.

Menurutnya, penutupan kawasan Monas tidak akan berlangsung lama. Dia menyatakan masyarakat dapat kembali berkunjung ke Monas mulai Rabu, 17 Agustus 2022 pukul 08.00 WIB pagi.

"Kami buka untuk masyarakat umum, karena diberikan kesempatan untuk melihat kirab bendera," kata Isa.

"Rabu pas HUT RI-nya jam 08.00 WIB baru kita buka untuk umum karena umum diberikan kesempatan untuk melihat kirab bendera," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Istana: Peringatan HUT ke-77 RI 2022 Berkonsep Sejarah Bangsa

Sementara itu, Sekretariat Presiden mengungkapkan Peringatan HUT ke-77 RI mengusung konsep sejarah bangsa Indonesia yang dituangkan dalam dekorasi di kawasan Istana Merdeka, Jakarta.

"Konsepnya adalah kita menggali sejarah-sejarah bangsa Indonesia. Adanya kejayaan kita, kejayaan Majapahit, Sriwijaya, dan Mataram kita gali, kita jadikan satu, termasuk menggali kebudayaan-kebudayaan yang ada zaman dulu," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono saat ditemui di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu 14 Agustus 2022.

Heru menjelaskan kejayaan kerajaan-kerajaan di Indonesia pada masa lampau menjadi inspirasi bagi konsep dan dekorasi untuk Peringatan Detik-Detik Proklamasi Memperingati HUT Ke-77 RI pada 17 Agustus 2022.

Berbeda dengan dua tahun terakhir, Sekretariat Presiden akan menyelenggarakan rangkaian Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dengan kondisi seperti sebelum Covid-19.

Salah satunya, yakni anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) akan diturunkan secara penuh sesuai formasi 17-8-45 pada dua sesi upacara tersebut.

Kemudian, Istana juga menyelenggarakan kembali kirab atau arak-arakan Sang Saka Merah Putih dan Naskah Proklamasi dari Monumen Nasional menuju Istana Merdeka.

"Perbedaannya adalah ketika kirab itu Bendera Sang Saka Merah Putih dengan (naskah) Proklamasi kita letakkan, kemudian kita turunkan dari mimbar utama. Tahun-tahun lalu kan dari samping menuju mimbar utama," kata Heru.

4 dari 4 halaman

Jokowi Kukuhkan Anggota Paskibraka yang Bertugas dalam HUT ke-77 RI di Istana

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengukuhan 68 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas saat peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI di Istana Merdeka Jakarta, pada 17 Agustus 2022. Upacara pengukuhan berlangsung di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin (15/8/2022).

Berdasarkan pantauan di Youtube Sekretariat Presiden, upacara pengukuhan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan 'Ikrar Putra Indonesia'.

Enam+07:18Liputan6 Update: Perkembangan Kasus Brigadir JSalah satu anggota Paskibraka asal DKI Jakarta bernama Savina Fasha diminta Kepala BPIP Yudian Wahyudi untuk meletakkan ujung Bendera Merah Putih di dada. Dia mewakili anggota lainnya membacakan ikrar.

Selanjutnya, Jokowi selaku pembina upacara memimpin proses pengukuhan anggota 68 Paskibraka untuk HUT ke-77 RI. Adapun 68 anggota Paskibraka ini mewakili 34 provinsi di Indonesia

"Pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudari sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2022," kata Jokowi.

Jokowi lalu menyematkan lencana kepada perwakilan anggota Paskibraka asal DKI Jakarta sebagai tanda pengukuhan. Acara ditutup dengan Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin, Ibu Negara Iriana, dan Ibu Wurry Ma'ruf Amin yang memberi selamat kepada anggota Paskibraka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.