Wakil Presiden Ma'ruf Amin Gunakan Baju Adat Solo di Sidang Tahunan MPR

Oleh Delvira Hutabarat pada 16 Agu 2022, 09:11 WIB
Diperbarui 16 Agu 2022, 09:11 WIB
Wakil Presiden Ma’ruf Amin
Perbesar
Busana Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama istri di Sidang Tahunan MPR. (Foto: Setwapres).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma’ruf Amin tiba di lokasi sidang tahunan MPR 2022 di gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Berdasarkan Pantuan Liputan6.com di lokasi, Dia tiba sekitar pukul 08.45 WIB dengan ditemani istrinya Wury Estu Handayani yang kompak mengenakan baju adat Solo.

Apabila tahun lalu, Ma’ruf mengenakan busana adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat, kali ini ia hadir dengan mengenakan busana adat Solo, Jawa Tengah.

Mereka tampak serasi dengan Ma’ruf mengenakan pakaian khas Keraton Surakarta dan Ibu Wury mengenakan pakaian nasional kebaya berwarna hijau.

Ma’ruf memilih pakaian atas berupa setelan Sikepan hitam dipadu dalaman putih dengan hiasan rantai arloji di dada menemani lambang kepresidenan, serta memakai Blangkon Trepes (rata bagian belakang). Adapun bawahannya, ia memakai kain jarik batik cokelat motif Sidomukti dan selop berwarna emas.

Sementara itu, Wury mengenakan kebaya kartini bernuansa hijau dipadu dengan kerudung berwarna senada, yang dipasangkan dengan bawahan kain batik dan selendang berwarna gelap.

Usai menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD ini, sekitar pukul 13.30 WIB di tempat yang sama, Ma’ruf juga akan menghadiri Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2022 – 2023, sekaligus mendengarkan Pidato Presiden dalam rangka Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU Tentang APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangannya.

Kemudian, pada malam harinya pukul 24.00 WIB, Ma’ruf ke Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata untuk menghadiri Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS).

Selain itu, para pejabat mulai merapat ke Kompleks Parlemen Senayan untuk mengikuti sidang tahunan MPR 2022. Nampak Menkominfo Jhonny G. Plate, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Awak media tidak diperkenankan untuk mewawancarai dan hanya bisa memantau dari kejauhan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hadir 100 Persen Secara Fisik

Diketahui, berbeda dengan tahun sebelumnya, tamu undangan akan hadir 100 persen secara fisik.

Tamu istimewa yang akan hadir diantaranya para mantan Presiden, Wakil Presiden dan juga ketua umum partai politik, duta besar, dan 103 perwakilan negara asing.

Berdasar susunan acara yang diterima, sidang tahunan akan dimulai pukul 09.28 WIB atau saat Presiden memasuki ruangan sidang.

Sementara pidato kenegaran presiden akan dilakukan pada pukul 10.18 – 11.03 WIB.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Dua Pidato Kenegaraan Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menyampaikan dua pidato dalam Sidang Tahunan MPR di Gedung Parlemen Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Adapun pidato kenegeraan merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun jelang peringatan HUT Kemerdekaan RI.

"Presiden Jokowi akan menyampaikan pesan ke seluruh anak bangsa dalam Pidato Presiden 2022," dikutip dari akun Instagram Kementerian Sekretariat Negara @kemensetneg, Selasa (16/8/2022)

Adapun pidato pertama akan disampaikan Jokowi pada pukul 09.00 WIB. Pidato tersebut disampaikan pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang bersama DPR dan DPD.

Selanjutnya, Jokowi akan menyampaikan pidato pengantar atas RAPBN tahun 2023 beserta Nota Keuangannya. Pidato ini akan dismpaikan pada pukul 13.00 WIB.

Masyarakat dapat menyaksikan pidato Jokowi tersebut secara virtual di tv nasional maupun live streaming Youtube Sekretariat Presiden. Masyarakat pun diajak mengawal pidato Presiden Jokowi.

"Mari kita kawal bersama tiap-tiap pernyataan yang disampaikan," sebagaimana ditulis di akun Kemensetneg.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya