Sukses

Kemendagri: Realisasi Pajak Kendaraan di Padang Tembus Rp 60 Miliar

Agus Fatoni mengapresiasi, capaian pendapatan daerah dari pahak kendaraan bermotor yang dilakukan oleh Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Kota Padang.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni mengapresiasi, capaian pendapatan daerah dari pahak kendaraan bermotor yang dilakukan oleh Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Kota Padang.

Menurut dia, realisasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahun 2021 berhasil meningkat menjadi Rp 767,09 miliar, dari target PKB awal sebesar Rp 705,3 miliar. Senada, realisasi Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) tahun 2021 juga mengalamai peningkatan menjadi Rp 393,8 miliar dari target awal, yakni Rp 333,5 miliar.

"Kami ucapkan selamat. Capaian yang ada tentu hasil kerja keras semua tim, termasuk inovasi yang banyak dilakukan," kata Fatoni seperti dikutip dari keterangan pers diterima, Selasa (16/8/2022).

Dia lalu mengurai sejumlah inovasi dilakukan Samsat Kota Padang, antara lain, metode One Stop Service dan door to door service. Tidak hanya itu, inovasi dan kemudahan layanan lain yang diterapkan juga ada Samsat Drive Thru, Samsat Keliling, Samsat Weekend, Samsat Gerai Unggulan dan Samsat Car Free Day.

"Samsat Kota Padang juga mempunyai inovasi Inovasi Belum Daftar Ulang (BDU). Jadi kepada masyarakat yang masih memiliki tunggakan melebihi 2 tahun, Samsat Kota Padang menerbitkan Surat Peringatan (SP) secara resmi kepada wajib pajak, kemudian disampaikan secara langsung atau door to door," jelas Fatoni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PAD Melebihi Target

Fatoni yakin, kemudahan pelayanan itu membuahkan hasil capaian penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melebihi target yang telah ditetapkan.

"Inovasinya banyak, pelayanannya juga cukup bagus, ruangan nyaman dan loket-loketnya cukup banyak," jelas dia.

Sebagai informasi, apresiasi Fatoni disampaikan saat berkunjung ke Samsat Kota Padang pada Sabtu 13 Agustus 2022.

Fatoni ditemani oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sumatera Barat, Kepala Samsat Kota Padang, Kasi STNK Ditlantas Polda Sumatera Barat, dan Penanggung Jawab Jasa Raharja Samsat Kota Padang.

Selain itu, hadir pula Kepala Bapenda Provinsi Jawa Barat yang juga Ketua Asosiasi Kepala Bapenda seluruh Indonesia, Kasubdit Pendapatan Daerah Ditjen Keuda dan Kepala Seksi Pendapatan Daerah Kota Bandung.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.