KNPI Temui PBNU Bahas Peran Pemuda Perkuat Persatuan Indonesia

Oleh Liputan6.com pada 16 Agu 2022, 22:21 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 13:20 WIB
KNPI Temui PBNU Bahas Peran Pemuda Perkuat Persatuan Indonesia
Perbesar
KNPI Temui PBNU Bahas Peran Pemuda Perkuat Persatuan Indonesia. (Liputan6.com/Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini, Selasa (16/8/2022), DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengadakan audiensi dengan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf di Kantor PBNU Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Rombongan DPP KNPI dipimpin oleh Ketua Umum DPP KNPI M Ryano Panjaitan. Dalam pertemuan yang berlangsung satu jam tersebut, antara lain membahas berbagai persoalan kebangsaan, keIslaman, dan kebhinnekaan saat ini.

"Kami membahas persoalan kebangsaan, keIslaman dan kebhinnekaan khususnya kemandirian umat dalam hidup berbangsa dan bernegara," ujar Ketua Umum DPP KNPI M Ryano Panjaitan usai pertemuan tersebut melalui keterangan tertulis, Selasa (16/8/2022).

Kemudian menurut Ryano, PBNU merupakan replika Indonesia, yang jika diuraian singkatan PBNU bisa kepada Pancasila (Falsafah Hidup Bangsa), Bhinneka Tunggal Ika (Ikatan Batin), NKRI (Kesatuan Teritorial), dan UUD 1945 (Konstitusi).

"Sehingga butuh elemen penting untuk bersinergi yaitu melalui pemuda dalam hal ini KNPI," ucap dia.

Ryano mengatakan, ada dua hal penting yang harus diselesaikan menjawab persoalan keumatan saat ini yakni masalah kemandirian umat Dan ajaran-ujaran intoleran yang menyebabkan krisis moral.

"Masalah ekonomi, misalnya basis miskin identik dengan basis umat, sehingga untuk mencapai masyarakat adil dan makmut harus dimulai dari kemajuan ekonomi. Begitupun dengan ajaran dan ujaran intoleran harus diberikan edukasi nasionalisme khususnya Pancasila sebagai falsafah hidup berbangsa," jelas Ryano.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


PBNU Harap KNPI Satukan Kelompok Sosial

KNPI Temui PBNU Bahas Peran Pemuda Perkuat Persatuan Indonesia.
Perbesar
KNPI Temui PBNU Bahas Peran Pemuda Perkuat Persatuan Indonesia. (Liputan6.com/Ist)

Sementara itu, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengajak agar KNPI dapat menyatukan kelompok-kelompok sosial.

"Peluang tantangan kohesi membuat KNPI punya peluang menyatukan kelompok sosial. Pemuda harus menjadi penyatu pasca reformasi," terang Gus Yahya.

Tak hanya itu, ia juga meminta KNPI dapat menyentuh idealisme publik, menjawab tantangan Indonesia saat ini.

"KNPI harus hadir sebagai aktor. KNPI akan menjadi harapan," jelasnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya