Gerindra dan PKB Berkoalisi, Megawati Tunggu Dinamika Politik

Oleh Liputan6.com pada 15 Agu 2022, 20:11 WIB
Diperbarui 15 Agu 2022, 20:11 WIB
megawati
Perbesar
Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah sepakat untuk berkoalisi di Pemilu 2024. Sementara, PDI Perjuangan belum juga bergerak menentukan arah koalisi.

Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri masih menunggu dinamika politik hingga menjelang pendaftaran Pilpres tahun depan.

Megawati, Basarah akan menjadikan dinamika politik hari ini sebagai dasar pertimbangan menentukan calon presiden dan calon wakil presiden, hingga dengan siapa PDIP akan berkoalisi.

"Politik itu kan sesuatu yg sangat dinamis. Nah, dinamika politik itu yang akan menjadi dasar pertimbangan Ibu Mega untuk menentukan siapa capresnya, siapa cawapresnya, siapa saja parpol yang akan diajak kerjasama dalam gotong royong pilpres itu dan kapan itu akan diumumkan. Itu sangat dinamis sekali," ujar Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/6/2022).

PDIP mengakui memang perlu bekerjasama dengan kekuatan politik lain untuk menghadapi Pemilu 2024. Tetapi, mengumumkan calon presiden dan calon wakil presiden hingga koalisi lebih awal masih terlalu prematur.

"Tetapi PDIP tidak mau terlalu prematur untuk menentukan formasi kerja sama gotong royong itu. Karena ada banyak agenda bangsa yang saat ini masih harus dituntaskan, mulai dari urusan penyelesaian Covid-19, kemudian damage control sebagai akibat dari pandemi global di bidang ekonomi dan banyak lagi agenda-agenda lain," ujar Basarah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Safari Politik ke Masyarakat

Deklarasi Koalisi Partai Gerindra dan PKB
Perbesar
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar saat deklarasi koalisi dalam Rapimnas Gerindra di SICC, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). Partai Gerindra dan PKB secara resmi menyatakan berkoalisi untuk pemilu 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Untuk itu, saat ini PDIP lebih memilih aktivitas politik yang langsung bersentuhan dengan rakyat.

Sementara, Ketua DPP PDIP Puan Maharani ditugaskan Megawati untuk melakukan safari politik dengan pimpinan partai politik. Ketua DPR ini punya agenda untuk menyukseskan Pemilu 2024.

"Dalam rangka ya tentu saja agenda yang paling utama adalah membicarakan dan membahas, menyukseskan Pemilu serentak 2024 sebagai pemilu yang jujur, adil, bermartabat, dan yang terpenting adalah pemilu itu harus menjadi sarana kohesi sosial yang memperkuat kerukunan kebangsaan kita," jelas Basarah.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi 

Sumber: Merdeka.com

Infografis Kader PDIP Tidak Loyal dan Sentilan Megawati. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Kader PDIP Tidak Loyal dan Sentilan Megawati. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya