Menebak Baju Adat yang Dipakai Jokowi di HUT ke-77 RI, Dari Daerah Mana?

Oleh Lizsa Egeham pada 15 Agu 2022, 16:40 WIB
Diperbarui 15 Agu 2022, 16:40 WIB
Jokowi Kenakan Baju Timor Tengah Selatan di HUT ke-75 RI
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersiap mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin (17/8/2020). Kali ini, Presiden Jokowi memilih menggunakan baju adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur ( NTT). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan dirinya akan kembali memakai baju adat pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI, pada 17 Agustus mendatang. Setiap tahunnya, Jokowi dan Ibu Negara Iriana memang memakai baju adat daerah di Indonesia.

Belum diketahui baju adat yang akan dikenakan Jokowi pada HUT ke-77 RI tahun ini. Jokowi pun mengajak masyarakat untuk menebak baju adat yang akan dipakainya pada HUT Kemerdekaan ke-77 RI.

"Puncak peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tinggal dua hari lagi. Seperti tahun-tahun yang lalu, saya dan Ibu Negara akan datang ke upacara dengan busana adat daerah," kata Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi, Senin (15/8/2022).

"Pilihannya sungguh banyak, sebanyak jumlah suku di Nusantara," sambungnya.

Pada HUT ke-74 RI pada 2019, Jokowi mengenakan baju adat dari Bali. Sedangkan, pada HUT ke-75 RI pada 2020, Jokowi memakai baju adat Timor Tengah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baju adat yang dikenakan Jokowi tersebut didominasi warna merah dan putih. Baju adat itu memiliki kain bermotif Kaif berantai nunkòlo.

Sementara itu, Jokowi memakai baju adat Lampung pada HUT ke-76 RI tahun lalu. Adapun Wapres Ma'ruf Amin yang hadir mengenakan baju adat Sunda bewarna biru.

Sebelumnya, Sekretariat Presiden mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, pada tahun ini upacara tersebut akan dihadiri tamu undangan secara fisik (luring) dalam jumlah terbatas dan secara virtual (daring).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


77 Ribu Undangan untuk Masyarakat

Kenakan Baju Adat Tanah Bambu, Jokowi Pimpin Upacara Hari Kelahiran Pancasila
Perbesar
Presiden Joko Widodo memimpin upacara Hari Kelahiran Pancasila secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/6/2021). Jokowi berharap Hari Pancasila dimanfaatkan seluruh pihak untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. (FOTO:Biro Pers Kepresidenan)

Heru menjelaskan bahwa pihaknya membuka 77.000 undangan bagi masyarakat untuk mengikuti upacara secara virtual. Sekretariat Presiden juga membuka 2.500 undangan upacara fisik pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta.

Kemudian, pihak Istana juga membuka sebanyak 2.500 undangan untuk menghadrir langsung Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih.

Seperti diketahui, peringatan HUT Kemerdekaan RI digelar secara terbatas dalam dua tahun terakhir karena situasi pandemi Covid-19. Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia hanya dihadiri oleh undangan terbatas yang terlibat dalam rangkaian upacara peringatan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya