Sukses

Cerita Anies Baswedan Kunjungi Balai Kota Tokyo

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke Balai Kota Tokyo, Jepang untuk bertemu dengan Gubernur Tokyo Yuriko Koieke

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke Balai Kota Tokyo, Jepang untuk bertemu dengan Gubernur Tokyo Yuriko Koieke. Pertemuan tersebut guna membahas usaha kebangkitan pasca pandemi, kerja sama membangun kota tahan bencana, dan kerja sama di bidang transportasi publik ramah lingkungan.

Saat tiba di Balai Kota Tokyo, Anies mengaku ada staf Gubernur Tokyo Yuriko Koike yang minta foto bersama sambil membawa selembar print out foto bersama 5 tahun yang lalu.

"Ada staf Gubenur Koike yang minta foto bersama sambil membawa selembar print out foto bersama kita 5 tahun yang lalu. Mau mengulang katanya," tulis Anies dalam akun Instagram resminya @aniesbaswedan, Sabtu (13/8/2022).

Anies juga mengungkapkan, foto tersebut disimpan secara rapi dan tertib. "Rapi dan tertib dia menyimpan arsip foto. Khas ketertiban orang Jepang," kata Anies.

Selain itu, Gubernur Koike juga menunjukkan gambar ikan yang dilukis oleh mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

"Ada yang unik, sambil keluar Gubernur Koike menunjukkan sebuah gambar ikan yg dilukis oleh mendiang Shinzo Abe, mantan PM Jepang sebagai cara ia mengingat dan menghormati tokoh penting di Jepang," tulis Anies.

Anies juga memaparkan kisah ketika pertama kali bertemu dengan Koike. Menurutnya, Tokyo dan Jakarta merupakan kota kembar.

"Pertama kali bertemu dengan Gubernur Koike, pada tahun 2017 ketika awal kami akan menjabat sebagai Gubernur DKI. Tokyo dan Jakarta adalah sister cities, kota kembar, dengan hubungan yang sudah lama," kata Anies.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kedekatan Anies dengan Gubernur Tokyo

Sejak pertemuan tersebut, Anies Baswedan dan Gubernur Tokyo Yuriko Koieke bertemu lagi pada 2019 ketika acara Urvan 20 Summit di Tokyo, Jepang.

"Sejak pertemuan pada 2017 itu, kami sempat bertemu langsung lagi pada tahun 2019 saat Urban 20 Summit di Tokyo. Selain itu, terjadi pula pertemuan berkali-kali secara virtual saat kota-kota utama dunia bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19," kata Anies.

Berdasarkan cerita Anies Baswdedan tersebut, para gubernur dan wali kota dari berbagai negara melakukan zoom meeting secara berkala di masa awal-awal pandemi. Di rapat tersebut para kepala daerah saling betukar pengalaman mengatasi pandemi Covid-19.

"Kami saling belajar, saling bertanya dan bertukar pengalaman lintas kota se-dunia soal penanganan Covid-19," tambah Anies.

Lalu, Anies Baswedan dan Gubernur Tokyo Yuriko Koieke juga terpiluh menjadi vice-chair C40 pada 2019 lalu.

"Kebetulan pula, kami dan Gubernur Tokyo Yuriko Koieke di tahun 2019 lalu terpilih menjadi vice-chair C40, organisasi kota-kota utama dunia yang berfokus pada penanganan krisis iklim global. Maka, komunikasi dan kerjasama dengan Gubernur Tokyo Yuriko Koieke selama ini jadi makin intensif," kata Anies.

Anies Baswedan juga menambahkan bahwa Gubernur Tokyo Yuriko Koieke tidak hanya fasih berbahasa Jepang dan Inggris.

"Selain fasih berbahasa Jepang dan Inggris, Gubernur Tokyo Yuriko Koieke juga fasih berbahasa Arab karena pada masa mudanya pernah kuliah, tinggal dan bekerja di Kairo," kata Anies.

3 dari 3 halaman

Anies Undang Gubernur Tokyo ke Konferensi Urban 20

Gubernur DKI Anies Baswedan mengundang Gubernur Tokyo Yuriko Koieke untuk menghadari konferensi Urban 20 di Jakarta, pada 30-31 Agustus 2022. Hal tersebut disampaikan Anies pada kunjungannya ke balai kota Tokyo.

"Kami juga mengundang Gubernur Koike untuk menghadiri konferensi Urban 20 di Jakarta pada akhir bulan Agustus ini, dan alhamdulillah ia menyampaikan kesediaan dan konfirmasinya untuk hadir langsung, bersama dengan pemimpin kota-kota utama dunia lainnya," tulis Anies dalam akun Instagram resminya @aniesbaswedan, Sabtu (13/8/2022).

Urban 20 (U20 Mayors Summit 2022) merupakan bagian dari agenda Presidensi G20 Indonesia. Melalui U20, kota-kota yang mewakili negara anggota G20 berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah nasional untuk mengatasi tantangan paling mendesak yang dihadapi dunia, termasuk pemulihan dari krisis akibat pandemi COVID-19, darurat iklim, dan meningkatnya ketidaksetaraan struktural.

Gubernur Jakarta Anies Baswedan akan memimpin U20 kelima bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Anies sendiri bertemu Gubernur Tokyo Yuriko Koieke untuk membahas usaha kebangkitan pasca pandemi, kerjasama membangun kota tahan bencana, dan kerjasama di bidang transportasi publik ramah lingkungan di balai kota Tokyo.

"Tukar pikiran yang mencerahkan dan menyenangkan dengan Gubernur Tokyo, @Yuriko.Koike di kantornya, di balai kota Tokyo. Kami membahas banyak hal, terutama tentang usaha kebangkitan pasca pandemi, kerjasama membangun kota tahan bencana, dan kerjasama di bidang transportasi publik ramah lingkungan," tulis Anies dalam akun Instagram resminya @aniesbaswedan.

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.