Anies Baswedan Undang Gubernur Tokyo ke Konferensi Urban 20

Oleh Liputan6.com pada 13 Agu 2022, 11:21 WIB
Diperbarui 13 Agu 2022, 11:21 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengundang Gubernur Tokyo Yuriko Koieke untuk menghadari konferensi Urban 20 di Jakarta, pada 30-31 Agustus 2022. Hal tersebut disampaikan Anies pada kunjungannya ke balai kota Tokyo.

"Kami juga mengundang Gubernur Koike untuk menghadiri konferensi Urban 20 di Jakarta pada akhir bulan Agustus ini, dan alhamdulillah ia menyampaikan kesediaan dan konfirmasinya untuk hadir langsung, bersama dengan pemimpin kota-kota utama dunia lainnya," tulis Anies dalam akun Instagram resminya @aniesbaswedan, Sabtu (13/8/2022).

Urban 20 (U20 Mayors Summit 2022) merupakan bagian dari agenda Presidensi G20 Indonesia. Melalui U20, kota-kota yang mewakili negara anggota G20 berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah nasional untuk mengatasi tantangan paling mendesak yang dihadapi dunia, termasuk pemulihan dari krisis akibat pandemi COVID-19, darurat iklim, dan meningkatnya ketidaksetaraan struktural.

Gubernur Jakarta Anies Baswedan akan memimpin U20 kelima bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Anies sendiri bertemu Gubernur Tokyo Yuriko Koieke untuk membahas usaha kebangkitan pasca pandemi, kerjasama membangun kota tahan bencana, dan kerjasama di bidang transportasi publik ramah lingkungan di balai kota Tokyo.

"Tukar pikiran yang mencerahkan dan menyenangkan dengan Gubernur Tokyo, @Yuriko.Koike di kantornya, di balai kota Tokyo. Kami membahas banyak hal, terutama tentang usaha kebangkitan pasca pandemi, kerjasama membangun kota tahan bencana, dan kerjasama di bidang transportasi publik ramah lingkungan," tulis Anies dalam akun Instagram resminya @aniesbaswedan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pererat Hubungan Jakarta-Tokyo

Menurut Anies, pertemuan ini merupakan titik komitmen baru untuk mempererat hubungan Jakarta dan Tokyo.

"Tokyo dan Jakarta adalah sister cities, kota kembar, dengan hubungan yang sudah lama. Pertemuan hangat ini menjadi titik komitmen baru untuk mempererat hubungan Jakarta dan Tokyo," tulis Anies.

Anies juga mengatakan, ia pertama kali bertemu dengan Koike di masa awal jabatannya sebagai Gubernur DKI, pada tahun 2017.

"Sejak pertemuan pada 2017 itu, kami sempat bertemu langsung lagi pada tahun 2019 saat Urban 20 Summit di Tokyo. Selain itu, terjadi pula pertemuan berkali-kali secara virtual saat kota-kota utama dunia bersama-sama menghadapi pandemi COVID-19," kata Anies.

Di masa awal-awal pandemi, para gubernur dan wali kota dari berbagai negara melakukan Zoom Meeting secara berkala. Para pemimpin daerah berbagai negara itu saling belajar dan bertanya serta bertukar pengalaman lintas kota se-dunia soal penanganan Covid-19.

"Kebetulan pula, kami dan Gubernur Koike di tahun 2019 lalu terpilih menjadi vice-chair C40, organisasi kota-kota utama dunia yang berfokus pada penanganan krisis iklim global. Maka, komunikasi dan kerjasama dengan Gubernur Koike selama ini jadi makin intensif," jelas Anies.

Reporter: Lydia Fransisca/Merdeka

Infografis Jabatan Gubernur Anies Baswedan Berakhir di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Jabatan Gubernur Anies Baswedan Berakhir di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya