Meriahkan HUT ke-77 RI, 7 Mobil Kepresidenan Dipamerkan di Sarinah

Oleh Winda Nelfira pada 13 Agu 2022, 10:23 WIB
Diperbarui 13 Agu 2022, 10:23 WIB
Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan di Sarinah, Menteng, Jakarta Pusat.
Perbesar
Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan di Sarinah, Menteng, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno membuka secara resmi Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan di Sarinah, Menteng, Jakarta Pusat. Pameran ini untuk memeriahkan HUT ke-77 RI. Dalam kesempatan ini hadir pula Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

"Dengan mengucapkannya Bismillahirrohmanirrohim, Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan resmi dibuka," kata Pratikno, Minggu (13/8/2022).

Sebanyak tujuh mobil kepresidenan akan dipamerkan di Sarinah hari ini hingga beberapa hari ke depan. Mobil pertama dengan merek atau type Buick Tahun 1939, pernah digunakan oleh Presiden RI 1 Soekarno.

Mobil kedua dengan spesifikasi merek Mercedes Benz S600 Guard Tahun 2008. Pernah digunakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Joko Widodo.

Mobil ketiga, dengan spesifikasi merek Mercedes Benz-Class E140 Tahun 1998. Kendaraan ini pernah digunakan oleh tiga Presiden RI, diantaranya Abdurrahman Wahid atau Gusdur, Megawati Soekarno Putri, dan SBY.

Mobil keempat yaitu Mercedes Benz S280 Tahun 1980. Pernah digunakan Presiden Soeharto, Presiden B.J. Habibie, dan Presiden Abdurrahman Wahid.

Kelima, mobil Mercedes Benz S-Class W126, pernah digunakan oleh Presiden Soeharto, Presiden B.J. Habibie, Presiden Abdurrahman Wahid

Sementara itu dua unit sedan Cadillac Fleetwood Brougham Tahun 1980, yang pernah digunakan oleh Presiden B.J. Habibie dan Tamu Negara dan Credential Duta Besar dipa

Sedangkan arsip berbentuk dokumen, foto, video dokumenter, dan memorabilia dalam pameran ini menampilkan kisah Presiden RI pertama Soekarna hingga Joko Widodo menjawab tantangan dan permasalahan di Indonesia dengan gaya dan citranya masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jokowi Beri Tanda Kehormatan ke 127 Orang

Presiden Joko Widodo (Instagram/@jokowi)
Perbesar
Presiden Jokowi saat berpidato di hadapan menteri-menterinya

Selain pameran mobil Kepresidenan, Presiden Jokowi juga akan menganugerahkan tanda kehormatan kepada 127 orang yang dinilai berjasa bagi Indonesia. Pemberian tanda kehormatan tersebut dilakukan di Istana Negara Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Penghargaan ini diberikan dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Tanda kehormatan tahun ini terdiri atas Bintang Mahaputera Pratama, Bintang Tanda Jasa Utama, Bintang Budaya Parama Dharma, Bintang Jasa Pratama, dan Bintang Jasa Nararya.

Pemberian tanda kehormatan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 64, 65, dan 66/TK Tahun 2022 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Pratama, Bintang Jasa, dan Bintang Budaya Parama Dharma.

 

Infografis Subsidi BBM Bengkak hingga Rp 502 Triliun, Jokowi Harus Bagaimana? (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Subsidi BBM Bengkak hingga Rp 502 Triliun, Jokowi Harus Bagaimana? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya