123 Nakes yang Gugur karena Covid-19 Dapat Tanda Kehormatan dari Jokowi

Oleh Lizsa Egeham pada 12 Agu 2022, 12:26 WIB
Diperbarui 12 Agu 2022, 12:26 WIB
Krisis tenaga kesehatan
Perbesar
Tenaga kesehatan beristirahat setelah tes swab massal di Puskesmas Ciganjur, Jakarta, Kamis (7/1/2020). Lonjakan kasus virus corona berpotensi terjadinya krisis tenaga kesehatan (nakes) karena banyak yang tertular dan gugur saat menangani pasien Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan tanda kehormatan 127 orang yang dinilai berjasa bagi Indonesia, di Istana Negara Jakarta, Jumat (12/8/2022). Dari jumlah itu, sebanyak 123 penerima tanda kehormatan merupakan tenaga medis dan kesehatan yang gugur dalam menangani Covid-19.

"Total keseluruhan 127 penerima yang berasal dari tokoh masyarakat, ilmuwan, mantan pejabat kemiliteran, serta para tenaga medis dan kesehatan yang gugur dalam menangani Covid-19," kata Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, Jumat (12/8/2022).

Ada dua jenis penghargaan yang diberikan untuk tenaga medis dan kesehatan yakni, tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama untuk 98 penerima. Kemudian, Bintang Jasa Nararya untuk 23 tenaga kesehatan.

Penghargaan ini diberikan dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-77 RI. Tanda kehormatan tahun ini terdiri atas Bintang Mahaputera Pratama, Bintang Tanda Jasa Utama, Bintang Budaya Parama Dharma, Bintang Jasa Pratama, dan Bintang Jasa Nararya.

Pemberian tanda kehormatan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 64, 65, dan 66/TK Tahun 2022 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Pratama, Bintang Jasa, dan Bintang Budaya Parama Dharma.

Selain tenaga kesehatan, tokoh yang dianugerahi tanda kehormatan kali ini terdiri dari, Sastrawan, Arkeolog, Seniman, hingga Irjen Kementerian Pertahanan 2019-2022. Tanda Kehormatan ada yang diberikan kepada ahli waris penerima.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Daftar Penerima Tanda Kehormatan

Total hanya 7 tokoh atau ahli waris penerima yang hadir di Istana untuk mewakili. Berikut daftar penerima Tanda Kehormatan:

Bintang Mahaputera Pratama:

1. Ahli Waris Alm. Ajip Rosidi (Sastrawan)

Bintang Jasa Utama:

1. Letjen TNI (Purn) Ida Bagus Purwalaksana (Irjen Kemhan periode 2019-2022)

Bintang Budaya Parama Dharma

1. Ahli Waris Almarhum Prof.Dr.Mundardjito (Arkeolog)

Bintang Jasa Pratama

1. Ahli Waris Almh. dr.Carolina Rezeki Sihombing (Dokter Spesialis RSUD Kota Depok)

2. Ahli Waris Alm. Sunjaya (Kepala Puskesmas UPTD Puskesmas Sukatani Kabupaten Bekasi)

Mewakili 98 penerima lainnya

Bintang Jasa Nararya

1. Alm. Gugum Gumbira (Seniman Tradisi Sunda)

2. Almh. Dewi Wikantini (Bidan Penyelia UPTD Puskesmas Bakti Jaya Kota Depok)

Mewakili 22 penerima lainnya

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya