Sukses

Kominfo Beri Tips Branding di Media Sosial

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) menyelenggarakan kegiatan webinar untuk komunitas di wilayah Maluku, Papua, dan sekitarnya dengan tema “Tips Digital: Branding di Sosial Media”, Kamis (11/8/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) menyelenggarakan kegiatan webinar untuk komunitas di wilayah Maluku, Papua, dan sekitarnya dengan tema “Tips Digital: Branding di Sosial Media”, Kamis (11/8/2022).

Webinar tersebut dihadiri oleh lebih dari 1.200 orang dari berbagai kelompok masyarakat / komunitas di wilayah Maluku Papua yang menghadirkan Kepala Inkubator Bisnis & Praktisi Literasi Keuangan, Fajria Fatmasari; CEO & Co-Founder Paberik Soeara Rakjat, Rizki Ardi Nugroho; Kepala Program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik APP Jakarta & Praktisi Literasi Digital, Aji Kresno, sebagai narasumber.

Dalam webinar tersebut, Fajria Fatmasari membahas tips branding di sosial media ditinjau dari perspektif cakap digital. Menurut dia, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan personal branding melalui sosial media.

"Pertama, perlu dikenali karakteristik sosial media yang akan digunakan. Kedua, perlu dikenali perilaku target audiens dari platform sosial media yang dipilih. Ketiga, jalankan personal branding campaign secara konsisten. Terakhir, lakukan evaluasi atas personal branding campaign secara konsisten," papar Fajria Fatmasari.

Rizki Ardi Nugroho memperkaya pembahasan mengenai tips branding di sosial media ditinjau dari perspektif etika digital. Ia menjelaskan, branding merupakan sebuah aktivitas untuk menciptakan kesan positif diri kita terhadap orang lain.

"Dengan branding kita dapat terlihat lebih baik, lebih profesional dan lebih meyakinkan dibandingkan orang lain. Dalam membangun branding memerlukan waktu dan usaha serta etika di dalamnya. Dengan etika, kesan baik itu akan lebih tersampaikan secara tepat karena dapat tercermin dari tindakan kita di ruang digital. Beberapa hal yang perlu kita lakukan agar terlihat lebih etis dan baik dalam menggunakan sosial media. Pertama, jangan pernah mendistribusikan konten negatif. Kedua, selalu membuat dan menyebarkan konten positif dan bermanfaat. Terakhir, jangan pernah melakukan hate speech”, jelas Rizki Ardi Nugroho.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aman Main Media Digital

Aji Kresno melengkapi pembahasan mengenai tips branding di sosial media ditinjau dari perspektif keamanan digital.

"Tiga hal yang perlu diperhatikan agar aman bermedia digital. Pertama selalu cek keaslian data email/ link website. Kedua, berikan watermark pada konten Anda. Terakhir, selalu perbarui password Anda”, ujar Aji Kresno.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.