Wapres Ma'ruf Amin Harap Dosen Jadi Garda Terdepan Cegah Radikalisme

Oleh Liputan6.com pada 11 Agu 2022, 17:51 WIB
Diperbarui 11 Agu 2022, 17:51 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin
Perbesar
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin (Foto: BPMI, Setwapres).

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Umum MUI dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berharap dosen menjadi garda terdepan untuk mencegah radikalisme. Dia meminta tenaga pendidikan tinggi agama Islam untuk memperkuat pemahaman dan sikap keagamaan yang moderat.

“Dosen Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi umum dapat menjadi garda terdepan dalam menumbuhkan moderasi beragama yang dapat mencegah paham radikal, serta berperan memberi landasan ideologi, bekal ilmu pengetahuan yang lurus,” ucap Ma’ruf pada acara Pembukaan Kongres Nasional Pendidikan Agama Islam ke-5 Tahun 2022, Kamis (11/8/2022).

Ma'ruf berpesan kepada civitas academik pendidikan agama Islam agar dapat beradaptasi dalam menghadapi tantangan di era kemajuan teknologi. Ada lima aspek penting yang perlu diperhatikan.

“Pertama, tingkatkan kompetensi dan pengetahuan seluruh Dosen Pendidikan Islam sehingga pengajaran dan pendidikan agama Islam tidak tertinggal, makin berkualitas, dan relevan dengan perkembangan zaman,” tuturnya.

Kedua, memanfaatkan jaringan komunikasi dengan generasi muda melalui peningkatkan kompetensi.

“Tingkatkan kompetensi di bidang teknologi informasi agar mampu memenuhi harapan kapabilitas komunikasi multimedia dengan generasi muda,” pesannya.

Selain itu, Ma'ruf meminta agar para dosen pendidikan agama Islam untuk membangun karakter kemandirian belajar bagi mahasiswa.

“Ketiga, segera terapkan budaya kemandirian belajar dalam pendidikan dan pengajaran agama Islam agar keunggulan ilmu dan peradaban Islam makin dikenal, berkembang, dan maju,” ucapnya.

Ma'ruf mengharapkan agar mahasiswa di perguruan tinggi dibekali dengan aktivitas tambahan yang bertujuan untuk menanamkan nilai moderasi beragama bagi pelajar.

“Keempat, para rektor di perguruan tinggi umum hendaknya melakukan tindakan-tindakan pro aktif untuk memperkuat moderasi beragama di kampus, misalnya dengan mengarahkan pengelolaan masjid kampus yang berorientasi pada moderasi beragama,” tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Asas Kolaborasi

Wapres Ma'ruf Amin pada Hari Idul Adha 2022
Perbesar
Wapres Ma'ruf Amin pada Hari Idul Adha 1443 H (Tangkapan Layar Youtube Wapres RI)

Aspek terakhir, Ma'ruf berpesan untuk mengedepankan asas kolaborasi antar-perguruan tinggi dengan berbagai institusi dalam menyebarluaskan nilai-nilai moderasi beragama.

“Kelima, perkuat kerja sama dengan berbagai lembaga dan instansi untuk kampanye moderasi beragama, serta kemajuan pendidikan nasional dan peradaban bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tuturnya.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Infografis Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pengganti BSNP
Perbesar
Infografis Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pengganti BSNP (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya