NasDem Sebut Tak Ada Peluang Gabung Gerindra-PKB

Oleh Delvira Hutabarat pada 11 Agu 2022, 14:30 WIB
Diperbarui 11 Agu 2022, 14:31 WIB
Partai Nasdem
Perbesar
Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad M Ali. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali menyatakan apresiasi atas rencana deklarasi Prabowo Subianto sebagai calon presiden dari Partai Gerindra.

“Kita support dan kita berharap akan muncul juga yang lain-lain sehingga masyarakat punya pilihan,” kata Ali pada wartawan, Kamis (11/8/2022).

Ali menyebut NasDem sudah memiliki capres sendiri yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa. Oleh karena itu NasDem tidak ada peluang bersama Gerindra-PKB di Pilpres 2024.

“Kan kita kemarin sudah mengumunkan calon presiden kita, tiga nama lewat bakal calon preisen kita lewat Rakernas,” kata dia.

Keputusan Rakernas NasDem tersebut, lanjut Ali, adalah final sehingga tiap kader harus patuh. Ali menyebut apabila ada kader yang mendukung tokoh di luar hasil Rakernas maka melanggar aturan.

“Kita tidak bisa keluar dari situ, kalau kemudian keluar dari situ kita akan melanggar aturan dari partai sendiri. Kalau keluar dari situ (hasil rakernas) harus ada keputusan baru yang setingkat itu untuk menganulir keputusan rakernas kemarin,” kata dia.

Sebelumnya, Menjelang deklarasi kerja sama politik alias koalisi Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Sabtu (13/8/2022), sejumlah elit Gerindra dan PKB kembali bertemu untuk mematangkan teknis pelaksanaan dan finalisasi Piagam Deklarasi Kerjasama Politik kedua belah pihak.

Pertemuan ini dihelat di kediaman Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani di Kawasan Jakarta Selatan. Dari Gerindra, selain Ahmad Muzani hadir Wakil Ketua Umum Sugiono.

Sedangkan dari PKB hadir Sekjen Hasanuddin Wahid, Ketua DPP Cucun A Syamsurijal, dan Wakil Sekjen Syaiful Huda.

“Memang kami kembali bertemu untuk mematangkan teknis pelaksanaan deklarasi dan finalisasi Piagam Deklarasi. Saat ini kepastian waktu pelaksanaan dan venue deklarasi telah disepakati. Tinggal pematangan terkait teknis acara dari panitia bersama sehingga agenda tersebut bisa berjalan dengan lancar,” ujar Syaiful Huda dalam keterangannya, Kamis (11/8/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Deklarasi Digelar di SICC

Prabowo Daftarkan Partai Gerindra ke KPU
Perbesar
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyampaikan keterangan saat mendaftarkan partai politiknya sebagai calon peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Senin (8/8/2022). Pada hari kedelapan ini, KPU menerima pendaftaran empat partai politik di antaranya Partai Republiku Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerindra, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dia mengungkapkan deklarasi kerja sama politik Gerindra dan PKB akan digelar di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor atau usai Rapimnas Gerindra.

“Jadi waktu deklarasi ini sehari setelah kawan-kawan Gerindra menyeleseikan Rapimnas mereka. Tentu pemilihan waktu deklarasi ini sengaja menunggu selesainya event Rapimnas Gerindra karena kami menghormati forum tersebut,” katanya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Infografis Elektabilitas Prabowo di 4 Lembaga Survei. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Elektabilitas Prabowo di 4 Lembaga Survei. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya