Sukses

Massa Buruh Tutup Jalan Gatot Subroto Depan Kompleks DPR

Jalur bus TransJakarta yang ada di sisi paling kanan juga tidak bisa dilintasi bus ataupun kendaraan umum. Namun demikian, mobil dari Tol Dalam Kota masih bisa keluar di pintu tol Senayan.

Liputan6.com, Jakarta Massa buruh gabungan dari beberapa aliansi menutup Jalan Gatot Subroto di depan Gedung Parlemen DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat. Aksi iti membuat a kendaraan yang lewat tidak bisa melintas di lokasi tersebut.

Pada Rabu sekitar pukul 11.00 WIB, buruh berbaris di depan Gedung Gedung DPR/MPR/DPD RI di Senayan, Jakarta Pusat.

Mereka berbaris sambil berjalan ke depan gerbang Gedung Parlemen guna menggelar demonstrasi. Akibatnya, kendaraan dari arah Semanggi menuju Slipi (Jakarta Barat) tidak bisa melintas di depan Gedung Parlemen.

Jalur bus TransJakarta yang ada di sisi paling kanan juga tidak bisa dilintasi bus ataupun kendaraan umum. Namun demikian, mobil dari Tol Dalam Kota masih bisa keluar di pintu tol Senayan.

Sambil berjalan, buruh menyanyikan beberapa lagu pergerakan. Mobil komando melaju tepat di belakang massa.

Hingga saat ini, demonstrasi yang digelar buruh masih berjalan kondusif. Petugas Kepolisian juga berjaga di beberapa lokasi sekitar demonstran.

Sebelumnya, petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat mengimbau masyarakat untuk menghindari kawasan Senayan dan Komplek DPR/MPR/DPD RI terkait rencana aksi buruh pada Rabu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cek Rekayasa Lalu Lintas Imbas Aksi Buruh

Massa buruh yang tergabung dalam sejumlah elemen pekerja akan melaksanakan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR, hari ini Rabu (10/8/2022). Massa buruh akan menuntut pencabutan Undang-undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja.

Mereka melakukan aksi lantaran sejumlah permintaan mereka terkait UU Omnibus Law Cipta Kerja tak diindahkan pemerintah. Mereka menilai UU Cipta Kerja ini berdampak bagi para buruh.

Aksi unjuk rasa diikuti ratusan ribu ribu buruh dari 40 organisasi. Aksi bakal dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Untuk menghindari kemacetan akibat aksi tersebut, pihak kepolisian membuat rekayasa lalu lintas di sekitar gedung DPR/MPR.

 

Berikut sejumlah ruas rekayasa lalu lintas: 

 

1. Arus lalu lintas dari arah Jalan Gatot Subroto yang akan menuju gedung DPR/MPR belok ke kiri ke Jalan Gerbang Pemuda. 

 

2. Arus lalu lintas dari arah Jalan Gerbang Pemuda yang akan belok ke kiri ke Jalan Gatot Subroto arah barat, putar balik di kolong layang Ladogi.

 

3. Arus lalu lintas dari tol dalam kota yang akan keluar di Offramp Pulo Dua diluruskan ke arah Tomang.

 

4. Pojokan Manggala Wanabakti dari Timur ke Barat, mengarah traffic light Slipi dan mengarah ke Stasiun Palmerah ditutup.

 

5. Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur ditutup menuju jalan Gelora, diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.

 

6. Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika menuju Jalan Gelora belok ke kanan ke Jalan Gerbang Pemuda.

 

7. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda menuju Jalan Gelora belok ke kiri ke Jalan Asia Afrika. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.