Juara ASEAN Para Games, NasDem Dorong Peningkatan Kesejahteraan Atlet Difabel

Oleh Nanda Perdana Putra pada 10 Agu 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 10 Agu 2022, 11:00 WIB
Indonesia Juara Umum Asean Para Games 2022
Perbesar
ASEAN Para Games di Solo, Jawa Tengah, telah berakhir, dan Indonesia dipastikan menjadi juara umum sebagai pengumpul medali terbanyak. (FOTO: Dok. ASEAN Para Sports Federation)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Moh. Haerul Amri mengapresiasi capaian prestasi yang diraih para atlet difabel Indonesia di ajang ASEAN Para Games 2022. Indonesia sendiri berhasil menjadi juara umum setelah merebut 425 medali dengan rincian 175 medali emas, 144 medali perak, dan 107 medali perunggu.

Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara 2022 diketahui telah diselenggarakan di Surakarta, Indonesia dari 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

"Kita mengapresiasi dan merasa bangga dengan prestasi yang didapatkan para atlet difabel Indonesia. Predikat juara umum di ajang ASEAN Para Games merupakan sejarah bagi Indonesia," tutur Amri dalam keterangan tertulisnya, Selasa 9 Agustus 2022.

Anggota Komisi X DPR itu menilai, capaian yang diraih para atlet difabel Indonesia merupakan kerja keras yang telah mengharumkan nama bangsa di mata dunia. Atas prestasi itu, maka patut diberikan penghargaan yang layak dan setimpal, termasuk adanya bonus yang sesuai agar para atlet bisa lebih semangat dan berprestasi.

"Jika perlu bonusnya ditambahkan dan cepat dicairkan, supaya para atlet lebih bersemangat untuk meningkatkan prestasinya," jelas dia.

Selain itu, Amri juga meminta agar pemerintah bisa lebih memperhatikan masa depan para atlet difabel dan keluarganya. Hal itu dapat dibuktikan lewat adanya peluang bagi para atlet difabel untuk menjadi PNS dan lainnya.

Adapun hak atlet difabel sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan seperti hak pembinaan, pengembangan, serta kesejahteraan olahragawan penyandang disabilitas.

Amri juga mendorong kepada pemerintah pusat maupun daerah agar menyediakan fasilitas sarana dan prasarana bagi atlet difabel. Para atlet penyandang disabilitas harus mendapat hak yang sama dengan atlet lainnya.

"Penyandang disabilitas masih tetap bisa berprestasi jika diberikan ruang, kesempatan dan fasilitas yang memadai, karena itu, pemerintah harus menyediakan fasilitasnya," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Demi Pertahankan Gelar Juara

Upacara penutupan ASEAN Para Games 2022
Perbesar
Pertunjukan kembang api saat Upacara Penuntupan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8/2022). Tuan rumah Indonesia menjadi juara umum pada ASEAN Para Games 2022 tersebut. (FOTO: Dok. ASEAN Para Sports Federation)

Demi Indonesia bisa mempertahankan gelar juara umum di penyelenggaraan ASEAN Para Games tahun 2023 di Kamboja, Amri pun mengajak seluruh pihak terkait lainnya untuk mendukung pembinaan atlet penyandang disabilitas.

"Mari kita fokus untuk pembinaan atlet di ajang berikutnya. Saya yakin putra putri terbaik Indonesia bisa mengharumkan nama bangsa di negara lain," Amri menandaskan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Infografis Indonesia Berkibar di 25 Cabang Olahraga Asian Games 2018
Perbesar
Infografis Indonesia Berkibar di 25 Cabang Olahraga Asian Games 2018. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya