Jajaran DPP PDIP Ziarah ke Makam Tjahjo Kumolo, Ada Hasto sampai Djarot

Oleh Delvira Hutabarat pada 09 Agu 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 09 Agu 2022, 21:50 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama sejumlah Ketua DPP PDIP berziarah ke makam Tjahjo Kumolo
Perbesar
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama sejumlah Ketua DPP PDIP berziarah ke makam Tjahjo Kumolo, mantan MenPAN-RB, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Selasa (9/8/2022) petang. (Foto: Dokumentasi PDIP).

Liputan6.com, Jakarta Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama sejumlah Ketua DPP PDIP berziarah ke makam Tjahjo Kumolo, mantan MenPAN-RB, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Selasa (9/8/2022) petang.

Hasto datang bersama Djarot Saiful Hidayat, Ahmad Basarah, Tri Rismaharini, Mindo Sianipar, Nusyirwan Soejono, Bambang Wuryanto dan Kepala Sekretariat PDI Perjuangan Yoseph Aryo Adhi Dharmo.

Mereka duduk bersila, berdoa dan bergantian menabur bunga di pusara Tjahjo, yang kerap disebut Sekjen Senior di internal PDIP.

Diketahui, almarhum meninggal karena sakit pada 1 Juli 2022 lalu. Setelah sempat dirawat selama beberapa pekan di rumah sakit.

"Kami menyebut beliau Sekjen Senior, beliau sosok yang sangat baik," kata Hasto, Selasa (9/8/2022).

Selain berdoa dan menabur bunga di makam Tjahjo Kumolo, Hasto dan rombongan juga menyempatkan diri mendoakan sejumlah tokoh di TMP Kalibata.

"Kami juga berdoa dan menebar bunga di pusara Pak Taufiq Kiemas. Beliau tokoh yang dikenal dengan gagasannya terhadap empat fundamen kehidupan berbangsa dan bernegara. Sosok yang terus merajut persatuan bangsa dan memiliki peran penting di PDI Perjuangan semasa hidupnya," jelas Hasto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Makam Kalibata

Hasto juga menyampaikan apresiasi terkait perawatan dan perubahan di sekitar TMP Kalibata.

"Saya melihat perubahan Taman Makam Pahlawan yang ditata oleh Kementrian Sosial dibawah kepemimpinan Bu Risma menjadi lebih tertata, lebih asri dan tamannya semakin bagus serta dilengkapi dengan lampu-lampu yang membuat suasana doa semakin khusyuk," kata dia.

Hasto menjelaskan terkait pengganti Tjahjo, sepenuhnya berada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo.

"Mohon doanya buat Almarhum Mas Tjahjo. Beliau sosok yang sangat baik dan membangun persahabatan dengan tulus dengan seluruh kalangan. Kami selalu berdoa yang terbaik untuk Almarhum Mas Tjahjo," pungkasnya.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Akan Dibahas

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah mengantongi nama-nama pengganti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo. Namun, Jokowi akan terlebih dahulu membahas nama tersebut dengan Ketua PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Kemarin Bu Mega juga baru kembali dari luar negeri, kebetulan ada wisuda putra-putri Ibu Puan (Maharani), sehingga waktunya mungkin dalam waktu dekat ini akan segera dibahas. Tapi nama-namanya (pengganti Tjahjo) sudah ada," jelas Sekretaris Kabinet Pramono Anung kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (8/8/2022).

Pramono enggan menyebutkan siapa saja nama-nama Menpan-RB pengganti Tjahjo Kumolo yang sudah dikantongi Jokowi. Menurut dia, sosok pengganti Tjahjo sudah mengerucut ke beberapa nama.

"Namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut. Tapi nanti akan dibahas presiden dengan Ibu Mega," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya