Pesan Menag di Hari Anak Nasional: Pastikan Anak Terlindungi dari Perundungan dan Pelecehan

Oleh Achmad Sudarno pada 09 Agu 2022, 12:53 WIB
Diperbarui 09 Agu 2022, 12:53 WIB
Kemenag Peringati Hari Anak Nasional di  JungleLand, Bogor
Perbesar
Memperingati Hari Anak Nasional, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya menyampaikan bahwa anak-anak harus dilindungi dan setiap haknya dipenuhi. (Foto:Liputan6/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) turut memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2022 di JungleLand, Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/8/2022).

Perwakilan siswa mulai jenjang Raudlatul Athfal/RA, Madrasah Ibtidaiyah/MI hingga Madrasah Tsanawiyah dari sejumlah daerah di Tanah Air hadir dalam peringatan tersebut.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya menyampaikan bahwa anak-anak harus dilindungi dan setiap haknya dipenuhi.

"Kepada bapak ibu sekalian, poinnya adalah para orang tua ini memastikan agar anak-anak kita terlindungi baik dari perundungan hingga pelecehan dan terjaga pendidikan, kesehatan dan pertumbuhannya," ujar Yaqut.

Yaqut juga mengimbau kepada para orang tua untuk memastikan agar anak-anak memiliki masa depan yang baik, tumbuh sebagai manusia yang berjiwa merdeka, dan menjadi bagian dari kemajuan bangsa.

"Kita semua tidak boleh memaksakan anak ini harus begini begitu. Tugas kita sebagai orang tua hanya mengawasi dan memastikan bahwa anak-anak sampai pada tujuan yang mereka inginkan," kata Menag Yaqut

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Momentum Kembali Memperhatikan Anak

Kemenag Peringati Hari Anak Nasional di  JungleLand, Bogor
Perbesar
Memperingati Hari Anak Nasional, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya menyampaikan bahwa anak-anak harus dilindungi dan setiap haknya dipenuhi. (Foto:Liputan6/Achmad Sudarno)

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, M Ali Ramdani mengatakan Kemenag melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam memiliki tugas dan fungsi pengelolaan pendidikan agama dan keagamaan.

Mereka yang duduk di bangku pendidikan tersebut adalah anak-anak. Oleh sebab itu, Hari Anak Nasional ini menjadi momentum bersama untuk kembali memperhatikan anak-anak.

"Peringatan HAN ini memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa. Karenanya anak harus memiliki bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, semangat kebangsaan serta kesehatan jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu, peringatan HAN juga merupakan bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa, serta mendorong terwujudnya Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030.

Dalam peringatan HAN dengan tema "Anak Terlindungi Indonesia Maju" dirangkai dalam beragam kegiatan. Salah satunya pentas seni yang diikuti oleh 200 siswa-siswi madrasah dari Jabodetabek dan perwakilan dari sejumlah provinsi seperti Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Aceh, Maluku, Medan, Sumatera Selatan dan Sulawesi Tenggara. 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Pesan yang Diuntai Para Tokoh saat Hari Anak Nasional 2022

Presiden Jokowi di peringatan Puncak Hari Anak Nasional (HAN) 2022
Perbesar
Presiden Jokowi di peringatan Puncak Hari Anak Nasional (HAN) 2022 (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Peringatan Hari Anak Nasional jatuh pada Sabtu 23 Juli 2022. Sejumlah pihak pun menyampaikan selamat dan pesan-pesan saat Hari Anak Nasional 2022. Misalnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Riza mengajak seluruh orangtua memberikan pelukan terindah untuk anak-anaknya di Hari Anak Nasional 2022 yang jatuh pada Sabtu 23 Juli 2022.

"Kami mengajak seluruh orangtua memberikan pelukan terindah untuk anak-anaknya pada hari ini," kata Riza melalui akun resmi Instagram @arizapatria, Sabtu 23 Juli 2022.

Riza mengucapkan selamat Hari Anak Nasional 2022 kepada seluruh anak di Indonesia. Dia mendoakan anak-anak Indonesia agar mempunyai akhlak yang mulia, mempunyai kepedulian, hingga mampu berprestasi.

Selain itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengatakan, Hari Anak Nasional menjadi momen untuk kembali mengingatkan masyarakat dalam pemenuhan hak anak serta momen penting menggugah kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjamin pemenuhan hak anak.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bermain trik sulap bersama anak-anak di peringatan Puncak Hari Anak Nasional (HAN) 2022.

Acara ini dilakukan di Taman Teijsmann, Kebun Raya Bogor, Provinsi Jawa Barat, Sabtu 23 Juli 2022.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di lokasi acara sekira pukul 09.10 WIB dengan mengenakan sepeda dari Istana Kepresidenan Bogor.

Sesaat setelah tiba, dia disuguhkan dengan penampilan silat bangau putih yang ditampilkan oleh anak-anak dari Persatuan Gerak Tubuh. Jokowi tampak sesekali memberikan semangat dan apresiasi atas penampilan dari anak-anak tersebut.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengucapkan selamat Hari Anak Nasional kepada seluruh anak Indonesia.

Dia mengingatkan anak-anak Indonesia untuk rajin belajar dan tidak lupa menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19 dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan, utamanya memakai masker.

Infografis 5 Tips Cegah Jerawat Saat Pakai Masker Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Perbesar
Infografis 5 Tips Cegah Jerawat Saat Pakai Masker Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya