Sukses

Gerindra dan PKB Daftar Bareng ke KPU Hari Ini, Pertegas Koalisi di Pilpres 2024

Pendaftaan PKB dan Gerindra ke KPU akan didahului dengan seremoni berkumpul di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, yang letaknya tidak jauh dari kantor KPU.

Liputan6.com, Jakarta Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) semakin serius memoles citra koalisi keduanya untuk Pemilu 2024. Keseriusan itu makin ditonjolkan ke publik dengan siap mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam masa pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024 secara bersama hari ini.

Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos membenarkan hal tersebut. Menurut surat pemberitahuan yang masuk ke KPU RI, keduanya akan tiba pukul 3 sore hari ini.

"Datang pukul 15.00 WIB, PKB dengan Gerindra," tulis Betty dalam pesan singkat diterima, Senin (8/8/2022).

Dikonfirmasi secara terpisah, Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda menyatakan, pendaftaran partainya dengan Gerindra akan dilakukan seremoni terlebih dahulu dengan berkumpul di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.

"Kami ingin mengawali keberangkatan dari Masjid Sunda Kelapa untuk kemudian bersama-sama menuju Kantor KPU,” ujar Huda dalam keterangannya, Minggu 7 Agustus 2022.

Menurut Huda, seremoni itu akan ditunjukkan ke publik demi memperteguh koalisi kedua partai.

"Kami ingin pendaftaran bersama kedua partai menjadi peserta Pemilu 2024 ini menjadi titik tolak kerja sama politik yang lebih konstruktif di masa depan," jelas Huda.

Huda menambahkan, masjid memiliki arti penting bagi kedua partai. Masjid diyakini memiliki nilai spiritual dan keagamaan yang bersifat baik. Hal itu diharapkan, dapat menjadi implikasi senada bagi koalisi kedua partai.

Alasan Masjid Jadi Titik Awal 

Huda menjelaskan pemilihan Masjid juga bisa dimaknai kerja sama politik Gerindra dan PKB berawal dari niat baik sebagai ikhtiar memberikan kemaslahatan lebih besar bagi rakyat Indonesia.

"Titik tolak dari Masjid juga untuk mengingatkan kader Gerindra dan PKB bahwa perjuangan politik merupakan implementasi nilai-nilai luhur agama agar kita manusia selalu berupaya menciptakan peluang-peluang lebih besar bagi kemaslahatan rakyat Indonesia,” kata Huda.

Tak sekedar soal tempat, lanjut Huda, tanggal 8 Agustus juga sengaja dipilih karena bertepatan dengan 10 Muharram 1444 Hijriah menurut kalender Islam. Tanggal itu diyakini sebagai hari baik untuk sesuatu yang baik.

"Kami tentu berharap ridho dan berkah dari Allah SWT sehingga memilih tanggal dan hari baik dalam mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024. Dengan demikian dalam Pemilu 2024, harapan kami Gerindra dan PKB mampu mendapatkan mandat penuh dari rakyat," harap Huda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo dan Cak Imin Turun Langsung

Nantinya, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar akan ikut bergabung dalam pawai para kader dari Masjid Sunda Kelapa hingga masuk ke kantor KPU RI.

"Pendaftaran Gerindra dan PKB sebagai peserta Pemilu ini akan dipimpin langsung oleh Pak Prabowo dan Gus Muhaimin. Ini juga sebagai penanda kian seriusnya kerja sama politik dari kedua belah pihak,” tutur Huda.

Hal senada juga disampaikan Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan jika pendaftaran bersama Gerindra dan PKB ke kantor KPU akan dipimpin langsung Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar.

Pendaftaran bersama Gerindra dan PKB ini menjadi penanda jika kedua belah pihak siap bertarung bersama dalam menghadapi Pemilu dan Pemilihan Presiden 2024.

"Mereka akan bersama-sama mendaftarkan untuk bertarung bersama menghadapi Pileg dan Pilpres 2024," tukas Dasco.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.